Tips Merawat WPC (Wood Plastic Composite) Decking

Admin 05 Juni 2018

WPC (Wood Plastic Composite) atau di Indonesia sering disebut sebagai kayu komposit. Di jaman modern seperti sekarang ini, tak jarang kita temui penginapan atau hotel yang telah memakai WPC decking untuk diaplikasikan sebagai lantai outdoor. Hal ini karena WPC decking memiliki keunggulan tahan terhadap air, sehingga jenis lantai ini terbilang lebih awet untuk area outdoor jika dibandingkan dengan lantai kayu. WPC decking biasanya dipasang sebagai lantai di kolam renang atau taman untuk meningkatkan nilai estetika juga membuat suasana menjadi lebih nyaman. Keunggulan WPC Decking jika dibandikan dengan lantai kayu jika diaplikasikan di area outdoor adalah :

  • Wpc decking lebih mudah dalam hal perawatan

WPC Decking yang merupakan hasil rekayasa teknologi buatan manusia dirancang agar tidak membutuhkan perwatan yang sulit. Anda dapat merawatnya dengan menggunakan lap kering saja.

  • Memiliki tingkat keamanan lebih baik

Jenis lantai ini dikenal memiliki tingkat keamanan lebih baik jika dibandingkan dengan lantai kayu karena material ini anti selip. Sehingga dapat mengurangi resiko cidera ketika berjalan diatasnya.

  • Varian warna yang dimiliki WPC Decking bervariasi

Produk WPC Decking memiliki varian warna yang beragam, sehingga Anda dapat memilih warna yang memiliki tingkat kecoklatan sesuai dengan jenis kayu tertentu yang Anda inginkan misalnya.

 

Walaupun memiliki daya tahan yang lama, bukan berarti WPC Decking tidak memerlukan perawatan, berikut beberapa tips yang telah kami rangkum untuk membuat WPC Decking milik Anda tetap dalam kondisi baik dalam jangka waktu lama:

Perawatan pada WPC Decking

  1. Dalam satu tahun, WPC Decking perlu dibersihkan minimal 2 kali.  Berikut langkah-langkah membersihkan permukaan WPC Decking:
  1. Siapkan peralatan berikut untuk membersihkan permukaan WPC Decking:
  • Ember
  • Detergen
  • Spon
  • Handuk / kain kering
  • Air bersih
  1. Masukkan detergen dan air bersih yang telah disiapkan ke dalam ember lalu aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya celupkan spon ke dalam air campuran detergen yang telah dibuat tadi.
  3. Lalu gosok permukaan WPC Decking menggunakan spon dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air besih
  4. Setelah agak kering, usap permukaan WPC Decking dengan menggunakan kain / handuk kering.
  1. Untuk menghindari pemuaian pada WPC Decking, ketika pemasangan sebaiknya diberikan ruang muai. Biasanya para professional selalu memberikan ruang muai tanpa diberitahu sebelumnya. Jika Anda ingin memasang WPC Decking sendiri, Anda dapat melihat video ini untuk memudahkan Anda dalam pemasangan WPC Decking. Namun jika Anda takut hasil pemasangan yang dilakukan sendiri kurang maksimal, Anda dapat melakukan konsultasi dengan Selgrid Flooring yang sudah berpengalaman di bidang WPC Decking lebih dari 10 tahun.
  2. Usahakan tidak ada air yang menggenak baik diatas permukaan ataupun dibawah permukaan WPC Decking. Hal ini dapat diatur ketika pemasangan WPC Decking. Sebaiknya ketika pemasangan Anda memberikan ruang agar air dapat mengalir diantara beam (tempat menopang deck). Untuk mengatasi genangan air diatas permukaan WPC Decking juga dapat dilekukan dengan cara membersihkan genangan air dengan lap kering.

 

Perawatan pada Noda yang melekat di WPC Decking

Jika terdapat noda yang berasal dari putung rokok, coretan atau lainnya di permukaan WPC Decking yang tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan campuran air dan detergen, maka Anda dapat menggunakan amplas kasar untuk membersihkan noda tersebut.

Selain WPC Decking, lantai vinyl adalah jenis lantai yang sering dijadikan sebagai alternatif pengganti lantai kayu. Ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan lantai vinyl sebelum Anda memutuskan jenis lantai apa yang paling cocok diaplikasikan untuk hunian Anda disini.