Tips Merawat Laminate dari Selgrid, Penyedia Lantai Kayu Jakarta

Admin 04 Februari 2020

Terdapat banyak sekali pilihan lantai kayu Jakarta yang tersedia, namun laminate adalah salah satu jenis flooring yang sering menjadi incaran banyak orang. Bagaimana tidak, bentuk dan rupanya sangat menyerupai kayu asli, dilengkapi dengan berbagai keunggulan dan dengan harga yang tidak semahal hardwood. 

Akan tetapi, memiliki keunggulan bukan berarti perawatan yang baik tidak perlu dilakukan. Selgrid, penyedia lantai kayu Jakarta berkualitas, ingin membagikan beberapa tips merawat flooring laminate agar lantai tersebut tetap tahan lama.

Lihat panduan dari produsen

Semua produk laminate memiliki guideline perawatan atau pemeliharaan flooring yang disediakan produsen lantai tersebut. Petunjuk yang diberikan akan bergantung pada bahan serta teknologi yang digunakan untuk memproduksinya. Tentunya, sebagai produsen lantai kayu Jakarta premium, kami juga menyediakan hal ini.

Pastikan bahwa Anda memiliki produk-produk yang tepat untuk merawat flooring ini dan hindari menggunakan pembersih dengan bahan kimia yang keras. Salah satu hal yang dapat membantu Anda adalah lap kaki atau keset yang dapat menangkap segala jenis kotoran dari luar sebelum terseret masuk dan merusak laminate. 

Bersihkan segala tumpahan sesegera mungkin

Mungkin Anda berpikir karena laminate adalah salah satu pilihan lantai kayu Jakarta tiruan, maka tumpahan air bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Tetapi, flooring ini tidak dirancang untuk bersifat waterproof. Oleh karena itu, segera bersihkan tumpahan supaya cairannya tidak meresap ke dalam celah flooring yang dapat mengakibatkan lantai mengembung.

Apabila lingkungan yang dimiliki sering mengalami banyak tumpahan, maka sebaiknya Anda memilih jenis flooring lain. Lantai kayu Jakarta lain seperti vinyl adalah jenis yang waterproof dan tidak mudah rusak oleh karena cairan.

Bersihkan laminate tiap hari

Laminate adalah flooring yang dapat tergores oleh karena kotoran dan debu. Oleh karena itu, membersihkannya dengan sapu atau vacuum cleaner setiap hari dapat mengurangi resiko merusak permukaan flooring. Namun bila ruangan tersebut tidak memiliki banyak foot traffic atau jarang dikunjungi, maka frekuensi membersihkannya dapat dikurangi.

Melindungi laminate lebih lanjut

Semua orang ingin menikmati flooring dalam waktu yang lama, dan untuk merealisasikan hal ini, Adna dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap flooring seperti memberikan karpet di area-area yang banyak foot traffic. Memberikan alas atau bantalan di setiap kaki perabotan (lemari, sofa, kursi, meja) juga dapat dilakukan, dan hal tersebut sudah pasti akan melindungi laminate.

Umumnya, sepatu hak tinggi adalah salah satu musuh utama lantai vinyl karena benda itu dapat melubangi flooring tersebut. Namun, laminate juga dapat tergores sepatu ini. Memang, kita tidak selalu bisa menentukan jenis sepatu yang digunakan orang lain, namun untuk melindungi lantai kayu Jakarta ini lebih lanjut, masalah ini juga perlu dipertimbangkan.

Lantai kayu Jakarta laminate adalah jenis flooring yang selalu mengalami perkembangan teknologi, dan merawat atau memeliharanya akan menjadi semakin mudah seiring berjalannya waktu. Tetapi untuk memastikan masa service life lantai ini, tips yang kami berikan di atas dapat membuat Anda menikmatinya dalam waktu yang lama. 

Yang pasti, jika Anda masih tidak tahu apakah sebaiknya memasang laminate atau jenis lantai kayu Jakarta lainnya, dan Anda masih ragu tentang cara perawatannya, jangan ragu untuk menghubungi Selgrid sekarang juga.