Pilihan Lantai Kayu yang Membuat Ruangan Terkesan Berkelas

Admin 01 Januari 2020

Laminate dan parket adalah varian lantai kayu Jakarta yang kami sediakan dan keduanya dapat membuat ruangan apapun terasa mewah dan ekslusif. Namun ketika harus memilih, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, karena flooring adalah suatu hal yang krusial untuk proyek Anda. Oleh karena itu, mari kita lihat lebih dalam mengenai dua jenis lantai ini. 

Laminate

Lantai ini terdiri dari beberapa lapisan bahan sintetik yang kemudian digabungkan menjadi satu. Baru-baru ini, laminate menjadi salah satu pilihan lantai kayu Jakarta yang paling diminati karena pemasangannya lebih mudah daripada hardwood

Keunggulan menggunakan lantai ini adalah harganya yang terjangkau dan lebih murah daripada flooring kayu asli, perawatan dan pembersihannya mudah serta tidak merepotkan, banyak pilihan tipe kayu, tidak mudah tergores dan tidak licin, dan proses produksinya tidak perlu menebang pohon, sehingga bersifat ramah lingkungan. 

Yang menjadi kelemahan lantai kayu Jakarta satu ini adalah umurnya yang lebih pendek daripada hardwood, serta sifatnya yang masih bisa rusak akibat banyaknya kelembapan dan air. Bila ada bagian yang rusak, Anda tidak bisa mengamplas dan memberi pernis kembali dan harus menggantinya. 

Parket

Parket adalah pilihan lantai kayu Jakarta yang memiliki banyak pilihan, mulai dari varian hardwood, engineered, bambu, hingga laminate. Tergantung bahannya, flooring ini masih bisa terbilang tahan lama. Namun, keunggulan utama lantai ini adalah estetikanya yang sulit dikalahkan oleh flooring kayu biasa.

Tentunya, bila Anda menginginkan rupa kayu tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, Anda bisa memilih parket laminate. Lantai kayu Jakarta ini memberi Anda alternatif yang lebih murah namun tetap terlihat seperti aslinya dan akan bertahan cukup lama, sekitar 15 hingga 20 tahun dengan instalasi yang benar dan perawatan yang baik. 

Ada dua pola parket yang paling terkenal, yaitu herringbone dan chevron. Kedua  pattern ini memiliki sejarah yang panjang, dan meski sudah ada dari bertahun-tahun yang lalu, pola ini masih akan terlihat cantik pada interior dan tema modern/kontemporer ataupun tradisional/klasik. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan flooring yang terlihat kuno. 

Pola herringbone dan chevron akan memberikan ilusi optik yang membuat area atau ruangan yang kecil dan gelap terlihat lebih cerah, terbuka, dan lebar atau luas. Namun uniknya, bila Anda memasang herringbone pada area yang sangat lebar, ruangan tersebut malah akan terasa lebih kecil. Lebih baik Anda berkonsultasi dengan desainer interior agar Anda dapat memilih lantai kayu Jakarta yang tepat.

Namun yang pasti, tidak peduli pola parket manapun yang Anda pilih, serta menggunakan bahan kayu asli atau tiruan, lantai kayu Jakarta ini akan memberikan kesan ruangan, hunian, atau kantor yang mewah, berkelas, dan eksklusif.  

Kekurangan lantai kayu Jakarta satu ini bervariasi, jika terbuat dari hardwood, maka Anda harus merawatnya dan memeliharanya dengan sangat baik agar tidak tumbuh jamur dan rusak. Jika menggunakan laminate, maka kelemahannya akan sama seperti flooring laminate pada umumnya.

Setelah melihat kelebihan serta kekurangan kedua pilihan lantai kayu Jakarta yang populer ini, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai flooring mana yang harus Anda pilih? Bila Anda masih tidak yakin, jangan ragu untuk menghubungi tim Selgrid sekarang juga!