3 Pertanyaan Wajib Sebelum Anda Membeli Lantai Kayu

Admin 16 Juli 2018

Di tengah kesibukan dan tingginya gedung-gedung di ibu kota, menemukan rumah atau hunian yang memiliki lantai kayu di Jakarta adalah sebuah hal yang istimewa. Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan jenis flooring ini, tetapi tidak ada salahnya untuk menanyakan beberapa pertanyaan sebelum membelinya. Anda akan memiliki informasi lebih dalam sehingga Anda jadi lebih yakin pada pilihan Anda.

 

1. Ada beberapa jenis kilap yang berbeda, ada yang berkilau ada yang tidak. Mana yang lebih baik?

Sebenarnya semua tergantung dari pilihan dan preferensi Anda sendiri-sendiri. Jika Anda memilih untuk memoles lantai setelah instalasi, maka Anda dapat memilih tingkat kilap yang Anda suka. Jika Anda memilih lantai kayu di Jakarta yang sudah dipoles di pabrik, maka Anda tidak dapat memilih tingkat kilap yang diinginkan.

 

Polesan yang glossy memberikan kilau paling tinggi dan memantulkan cahaya paling banyak. Semi-gloss memiliki kilau dan pantulan cahaya yang sedang, dan satin atau matte menawarkan kilap dan pantulan cahaya paling sedikit.

 

Yang jelas, semakin kecil tingkat kilap lantai kayu Anda, maka semakin sedikit goresan kecil yang dapat Anda temukan. Yang jelas, jenis kilap manapun tidak mempengaruhi ketahanan lantai Anda. Semua kilap akan memberi perlindungan yang sama sehingga hal ini memang sangat tergantung dari keinginan Anda.

 

2. Jenis kayu mana yang tepat?

Sama halnya dengan jenis kilap lantai kayu Jakarta atau lainnya, jenisnya juga sangat tergantung selera, style rumah atau apartemen, dan anggaran Anda. Ada banyak tipe kayu dari pohon yang beragam, dan Anda dapat memilih kayu favorit yang cocok untuk gaya rumah Anda.

 

Kayu ringan seperti ash atau maple akan membuat ruangan Anda terlihat lebih lebar dan terbuka. Level medium seperti kayu pohon hickory atau ek membuat sebuah ruang terkesan lebih hangat dan nyaman. Kayu gelap seperti pohon kenari atau mahoni dapat membuat ruangan tampak istimewa, klasik, dan mewah.

 

3. Sepengetahuan saya, warna lantai kayu bisa pudar. Apakah ada cara untuk mencegah hal ini?

Lantai kayu adalah lantai yang akan terlihat semakin baik seiring berjalannya waktu seperti yang sudah diulas di artikel berikut. Akan tetapi, semua hal yang berasal dari alam akan mengalami perubahan seiring waktu berjalan. Warna kayu Anda tetap akan berubah sedikit, dan hal ini adalah sebuah proses natural yang menambah keindahan dan karakter lantai kayu Anda.

 

Hal ini juga memiliki faktor seperti jenis pohon kayu yang digunakan. Kayu pohon yang lebih umum seperti ek dan hickory akan mengalami perubahan yang lebih sedikit. Sebaliknya, kayu pohon yang lebih langka malah akan mudah berubah warnanya.

 

Ada dua cara untuk menanggulanginya. Yang pertama adalah dengan membatasi lantai Anda terhadap paparan matahari. Bila tidak memungkinkan, maka perhatikan tipe finishing lantai kayu Jakarta. Finishing yang mengandung minyak lama-lama akan merubah warna kayu menjadi kekuningan, sedangkan yang berbasis air umumnya tidak membuat kayu berubah warna.

 

Untuk jawaban dan informasi seputar lantai kayu Jakarta yang lebih mendalam, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim Selgrid. Segala pertanyaan Anda akan kami tangani untuk menjamin kesuksesan proyek-proyek Anda.