Pertanyaan Umum Seputar WPC Decking

Admin 21 Mei 2019

Meskipun sudah cukup lama beredar di pasaran, masih ada yang belum terlalu mengenal dan mengetahui wpc decking. Masih ada yang bingung dengan cara pemasangannya, di mana bisa mendapatkannya, dan lain-lain. Dalam artikel ini, Selgrid akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar dek komposit ini.

Q: Apa itu dek komposit?

A: Pada umumnya, wpc decking adalah dek yang terbuat dari campuran plastik dan serat kayu (perbandingannya tergantung produsen). Keunggulan utama dari dek ini adalah tahan air, mudah dirawat, dan ada juga yang dilengkapi dengan lapisan anti-UV sehingga warnanya tidak mudah pudar.

Ada dua tipe, yaitu hollow (berongga) dan solid (seperti papan dek kayu asli). Anda bisa menggunakan yang hollow untuk penggunaan ringan, misal di rumah sendiri di area yang tidak ramai. Sedangkan, dek yang solid lebih baik digunakan untuk area komersial.

Q: Bagaimana cara memasang dek ini?

A: Sebenarnya hal ini tergantung produsen dek. Bila decking tersebut mengandung lebih banyak serat kayunya, maka Anda harus memastikan bahwa papan-papan tersebut dapat memuai dan menyusut dengan bebas oleh karena cuaca dan suhu yang berubah-ubah. Bila produk tersebut mengandung lebih banyak plastik, maka pemasangannya juga akan berbeda.

Pastikan Anda mengerti bahan produk yang Anda pilih. Lalu, jangan ragu untuk meminta petunjuk atau panduan tentang pemasangan wpc decking tersebut. Jika Anda tidak yakin tentang cara instalasinya, gunakan jasa pemasangan profesional. Siapa tahu penjual dek juga dapat menyediakan jasa tersebut kepada Anda, jadi tanyakan hal ini juga kepada penjual.

Q: Apakah dek komposit itu licin?

A: Iya dan tidak, tergantung permukaannya dan produk itu sendiri. Apabila Anda memilih dek yang permukaannya mulus atau lekukannya lebar, maka dek tersebut akan lebih licin terutama saat basah. Ada juga produk yang dilengkapi dengan lapisan anti selip. Trik yang bisa Anda lakukan supaya dek tidak licin adalah memasangnya dengan arah cara Anda berjalan biasanya.

Q: Bisakah dek ini menjadi panas?

A: Sama seperti dek kayu asli, wpc decking juga dapat menyerap panas meski tidak sepanas kayu asli. Karena dek komposit memiliki campuran plastik, maka Anda akan lebih merasa hangat daripada panas. Akan tetapi, dek yang berwarna gelap atau hitam sudah pasti akan terasa sangat panas karena warnanya.

Q: Apakah saya bisa mengecat dek komposit?

A: Godaan untuk memberi warna baru kepada dek Anda memang sangat besar dan memang benar, Anda bisa melakukan hal tersebut. Akan tetapi, ketahanan warna tergantung dari cat yang Anda gunakan serta beban atau goresan yang akan diterima nantinya. Selain itu, hindari memasang dek langsung di atas rumput karena wpc decking membutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh.

Q:Di mana saya bisa membeli dek ini?

A: Dengan Selgrid, Anda bisa mendapatkan wpc decking yang berkualitas dengan harga terjangkau. Kami juga dapat memberikan Anda sample sehingga Anda bisa melihat dek wpc yang Anda pilih secara langsung.

Semoga artikel ini dapat membuat Anda lebih mengenal decking komposit. Apabila Anda masih memiliki info lebih lanjut mengenai dek wpc, kunjungi halaman blog di website ini dan temukan artikel lain mengenai wpc decking atau langsung saja hubungi tim Selgrid. Kami tunggu kabar dari Anda!