Perbedaan Utama Lantai Kayu Laminate dan Engineered

Admin 27 Desember 2019

Ada banyak faktor yang menentukan jenis flooring mana yang sebaiknya Anda pilih. Namun di antara dua pilihan lantai kayu Indonesia yang terlihat dan terdengar mirip, yaitu laminate dan kayu engineered, mana yang seharusnya Anda pilih? Berikut ini perbandingannya. 

Pemasangan yang mudah

Baik laminate dan kayu engineered adalah pilihan flooring yang proses instalasinya mudah. Terdapat dua metode pemasangan, yaitu menggunakan sistem kunci atau perekat. Namun meski terdengar sederhana, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor yang terkenal akan ketelitiannya. Kedua jenis lantai kayu Indonesia ini dijamin akan terlihat jelek ketika pengukuran dan pemasangannya tidak tepat. 

Pemeliharaan

Sekali lagi, kedua jenis lantai kayu Indonesia ini memiliki persamaan, yaitu perawatan dan pemeliharaan yang cukup mudah. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan rutin menggunakan vacuum cleaner atau sapu kain.

Perbedaannya adalah, ketika Anda masih bisa menggunakan air untuk mengepel laminate, meski harus terkontrol dan tidak terlalu banyak, flooring engineered tidak bisa. Lantai kayu engineered hanya bisa dipel menggunakan kain lembab saja. 

Yang perlu Anda catat adalah, ketika kayu engineered sudah mulai aus, Anda bisa mengamplas dan melapisinya ulang, tergantung tebalnya lapisan teratas papan kayu tersebut. Flooring kayu yang baik dapat Anda amplas ulang sebanyak tiga hingga empat kali agar terlihat baru dan cantik kembali. 

Sedangkan, bila laminate sudah aus, Anda harus menggantinya total. Namun hal ini bisa diatasi dengan memilih produk laminate berkualitas atau dengan tingkat lapisan wear layer yang paling tinggi. 

Ketahanan dan rupa

Pada dasarnya, laminate dan engineered terbilang tahan lama, namun umurnya berbeda. Umumnya, laminate dapat Anda nikmati selama 20 tahun, sedangkan kayu engineered dapat bertahan hingga 75 tahun dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik. 

Jadi, bila Anda tidak berencana untuk menetap di satu lokasi dan satu hunian saja, maka laminate dapat menjadi pilihan lantai kayu Indonesia yang tepat. Tetapi bila Anda ingin menetap di satu rumah selama beberapa generasi, maka kayu engineered adalah pilihan yang lebih cocok untuk Anda. Namun ingat bahwa Anda harus mengajarkan cara memelihara dan merawat flooring tersebut supaya tetap tahan lama.

Dalam hal rupa dan kemiripan dengan hardwood atau kayu asli, maka kayu engineered adalah pemenangnya. Meski diproduksi oleh mesin juga, flooring ini memiliki elemen kayu yang jauh lebih banyak dibandingkan laminate. 

Akan tetapi, teknologi yang semakin canggih sudah dapat membuat laminate terlihat sangat serupa dengan kayu asli. Anda tidak perlu ragu untuk memilih lantai kayu Indonesia ini.

Lalu sebaiknya saya memilih yang mana?

Terkadang ketika Anda mengetahui plus minus dua hal yang berbeda, Anda malah menjadi lebih bimbang dan tidak bisa memilih. Sebagai penyedia lantai kayu Indonesia yang memiliki banyak pengalaman, Selgrid sangat memahami hal tersebut. Yang dapat kami sarankan adalah jangan terburu-buru dan pertimbangkan baik-baik.

Pilih mana yang terbaik untuk Anda dari segi biaya berkepanjangan, harga produk di awal, umur flooring, nilai jual, dan kemiripan dengan lantai kayu asli bila Anda sangat mementingkan hal tersebut.

Apabila Anda masih saja belum yakin, kami dapat membantu Anda memilih flooring yang terbaik. Sehingga, jika Anda memiliki segala pertanyaan mengenai laminate dan produk lantai kayu Indonesia dari Selgrid, hubungi tim kami sekarang juga.