Perbedaan Papan Lantai Vinyl 2mm dan 4mm

Admin 08 Juli 2019

Anda mungkin sudah mengetahui jenis-jenis lantai vinyl seperti vinyl roll atau lembaran, luxury, dan papan biasa serta perbedaan dan keunggulannya masing-masing. Akan tetapi, papan vinyl sendiri juga tidak semuanya sama, ada yang ketebalannya 2mm dan 4mm. Apakah Anda mengetahui perbedaannya?

Papan vinyl 2mm

Perbedaan utama papan jenis ini dibandingkan yang lebih tebal adalah pemasangannya. Vinyl 2mm hanya memiliki sistem instalasi tempel saja dan tidak ada yang menggunakan sistem kunci. Akan tetapi, papan tipis ini adalah pilihan yang lebih murah di kantong daripada vinyl lainnya yang lebih tebal.

Dengan papan tempel, Anda hanya tinggal memasangnya di atas subfloor bahkan flooring yang sudah Anda miliki sekarang. Tetapi, Anda tidak bisa langsung menginjak atau berjalan di atas lantai vinyl ini setelah dipasang. Selain itu, tergantung perekat yang Anda gunakan dan kualitas vinyl, sebaiknya Anda juga memasang papan ini di area yang tidak terlalu ramai, karena papan dapat lepas dari tempatnya.

Apabila Anda memasang lantai vinyl yang ditempel menggunakan perekat, Anda bisa meletakkan benda berat seperti lemari di atasnya. Keuntungan menggunakan sistem instalasi ini adalah papan-papan tersebut tidak akan memuai dan menyusut akibat pengaruh suhu. Agar flooring tersebut lebih tahan lama dan tidak tergores, gunakan kain bulu halus.

Papan vinyl 4mm

Sebagian besar papan dengan ketebalan ini menggunakan sistem kunci yang mengaitkan seluruh papan vinyl. Hal ini akan membuat proses pemasangan lantai menjadi lebih mudah karena Anda tidak membutuhkan perekat, paku, atau staples. Hanya saja, semakin tebal papannya, maka harganya juga semakin mahal.

Berbeda dengan papan yang tebalnya 2mm, jenis ini membutuhkan alas lantai seperti pelindung uap (vapor barrier) supaya lebih tahan akan kelembapan. Meski lebih rumit pemasangannya, papan ini lebih cocok untuk digunakan di area yang ramai karena sifatnya lebih kokoh dan kuat.

Jika Anda menggunakan lantai vinyl dengan sistem kunci, maka Anda harus tahu bahwa jenis ini kurang cocok dipasang di daerah dengan perabotan atau benda berat. Papan vinyl dengan sistem tersebut membutuhkan ruang lebih untuk memuai dan menyusut. Sehingga bila Anda meletakkan benda berat di atasnya, maka papan tersebut dapat melengkung dan rusak. Sama seperti flooring vinyl lainnya, gunakan kain bulu halus untuk melindungi lantai dari goresan.

Mana yang lebih baik?

Pertanyaan ini kembali lagi kepada Anda para pemilik proyek, hunian, atau area komersial. Baik tidaknya pilihan flooring Anda itu tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup atau kebiasaan pelanggan dan orang-orang rumah Anda.

Saat Anda hanya ingin memasang vinyl pada ruang keluarga, maka lebih baik Anda memilih yang lebih tebal saja. Sebaliknya, bila Anda ingin memasang flooring ini pada ruang pakaian, Anda tidak membutuhkan varian yang tebal.

Jadi pada intinya, pertimbangkan dan lihat seberapa ramai area yang lantainya ingin Anda pasang dan juga subfloor-nya karena tahan lama atau tidaknya lantai vinyl tersebut akan tergantung dari penggunaan sehari-hari.

Masih memiliki pertanyaan seputar lantai vinyl? Hubungi tim Selgrid supaya kami bisa memberikan Anda pelayanan dan bantuan terbaik.