Perbandingan Antara Lantai Vinyl dan Laminate

Admin 10 September 2018

Lantai vinyl dan laminate adalah pilihan flooring yang terjangkau dan lebih murah di kantong daripada kayu engineered atau hardwood. Tapi bila dibandingkan, manakah yang lebih unggul? Berikut ini beberapa perbandingannya.
 
 

- Penempatan

Jika Anda ingin menempatkan lantai pada kamar mandi, maka lebih baik Anda memilih lantai vinyl. Untuk masalah kelembapan, laminate kurang mampu menyaingi keunggulan vinyl. Kamar mandi adalah tempat yang lembab dan cukup sering basah, sehingga jenis flooring seperti keramik atau vinyl seringkali dijumpai pada kamar mandi rumah.
 
Sebaliknya, lantai laminate dapat Anda pasang pada tempat atau area seperti dapur dan kamar mandi tamu kering (segala tempat yang tidak akan memiliki genangan atau kumpulan air dalam jumlah banyak). Akan tetapi, beberapa tempat dengan wastafel atau dishwasher dapat membuat flooring ini mengembung seiring waktu.
 
Kesimpulannya, lantai vinyl sangat cocok untuk diinstalasi pada tempat yang basah dan lembap seperti kamar mandi. Pemasangannya lebih mudah, harganya sangat terjangkau, dan bentuknya tidak jauh berbeda dari lantai kayu asli. Selain area tersebut, lantai laminate akan terlihat lebih cantik, estetik, dan terasa lebih nyaman. 
 
 

- Nilai jual dan bentuk rupa

Sebelumnya, hunian berlantai vinyl membuat nilai jual rumah turun. Akan tetapi, teknologi sudah berubah dan dengan adanya lantai vinyl luxury, flooring jenis ini semakin lama semakin naik pamor, kualitas, serta kemiripannya dengan kayu asli.
 
Calon pembeli atau agen akan memaklumi adanya vinyl pada kamar mandi atau area basah, namun jika Anda memasang flooring ini pada ruang tamu, maka nilai jualnya akan menjadi lebih turun. Tetapi hal ini akan lebih sering terjadi pada lantai vinyl yang kurang berkualitas. Jika Anda memasang lantai vinyl dari Selgrid, nilai jual rumah Anda akan tetap tinggi.
 
Dibandingkan hardwood atau flooring kayu engineered, laminate memiliki nilai jual di bawahnya. Meski begitu, harganya tetap lebih tinggi daripada lantai vinyl dan para calon pembeli atau agen biasanya lebih menyukai rupa dan bentuk lantai ini.
 
Salah satu alasannya adalah oleh karena laminate memiliki teknologi yang lebih unggul daripada vinyl. Dulu, saat lantai laminate sudah memiliki papan yang mudah dipasang dan bentuk yang lebih mirip kayu, lantai vinyl masih tertinggal di belakang. Namun sekarang semua sudah berubah dan Anda tidak perlu khawatir akan nilai jualnya.
 
 

- Ketahanan akan kelembapan 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lantai vinyl sangat tahan akan hal ini, dan hingga sekarang, tidak ada yang bisa mengalahkan vinyl dalam segi kelembapan. Vinyl lembaran saja sudah 100% terlindung, bahkan juga kuat terhadap air oleh karena tidak adanya celah. Jika Anda mencari lantai rumah yang dapat disebut waterproof, lantai vinyl solusinya.
 
Lantai laminate hanya memiliki ketahanan air sedang dan sangat tidak direkomendasikan untuk kamar mandi, ruang bawah tanah, atau area apapun di mana kelembapan dapat masuk dan merusak flooring tersebut.
 
 
Oleh karena itu, lantai vinyl dari Selgrid lebih menjawab kebutuhan hunian bagi Anda yang tinggal di daerah cenderung basah atau lembap. Bila Anda memiliki rumah di daerah cukup kering, kami juga dapat menyediakan pilihan lantai kayu yang cocok dan sesuai untuk Anda. Untuk solusi lantai terbaik, serahkan saja kepada Selgrid.