Pemeliharaan dan Perawatan Parquet

Admin 26 Maret 2018

Parquet (parket) yang berbahan dasar kayu padat (solid) pasti memiliki daya tahan yang lebih baik, khususnya untuk penggunaan outdoor. Lantai kayu atau parquet ini berbentuk seperti lempengan-lempengan papan yang kemudian digabungkan melalui sistem penyambungan yang akurat dan perekatan yang kuat oleh tenaga ahli. Selgrid, selain berperan sebagai penyedia lantai kayu Indonesia, turut menyediakan layanan tenaga ahli untuk memasang parquet bagi para konsumen.

Parket memerlukan pemeliharaan dan perawatan khusus layaknya merawat perabotan berbahan dasar kayu. Tips dalam artikel berikut ini dapat dijadikan panduan untuk memulai perawatan parket di rumah atau bisnis Anda:

  • Sapu lantai kayu atau parket dengan rutin (setiap hari) agar debu atau kotoran tidak menumpuk para permukaan parket. Utamakan untuk menggunakan sapu berbulu lembut atau penyedot debu. Lanjutkan dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu yang menempel pada lantai. Hindari mengepel dengan kain basah karena genangan air yang terkurung dalam lapisan polywood dapat mengelupas dan melapukkan kayu dan meningkatkan kelembapan pada parket. Hal tersebut dapat mengakibatkan sendi parket menjadi lepas dan menyebabkan bunyi berderik.
     
  • Apabila parket terkena noda makanan atau minuman, segera bersihkan menggunakan tisu atau lap kering. Gunakan cairan pembersih khusus lantai kayu untuk lebih optimal dalam membersihkan kayu. Alternatif lain dari cairan pembersih khusus parket, Anda dapat memanfaatkan perasaan air lemon atau belimbing wuluh untuk menghilangkan noda membandel. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan white vinegar yang didiamkan selama 4 menit pada noda di lantai, lalu bersihkan dengan lap bersih.
     
  • Untuk menghindari terjadinya goresan atau cacat pada lantai kayu, pindahkan barang dengan hati-hati. Disarankan untuk menggunakan karpet sebagai alas perabotan dan angkat perabotan ketika dipindahkan. Jangan menggunakan alas kaki yang tajam atau keras ketika menginjak lantai kayu. Pastikan bahwa alas kaki Anda tidak terdapat kerikil kecil karena hal tersebut dapat menimbulkan goresan pada lantai. Selain itu, penggunaan karpet sebagai penutup lantai kayu juga dapat menjaga permukaan lantai dari goresan.
     
  • Selain menjaga parket dari kelembapan, goresan, dan noda, alangkah baiknya jika parket dilapisi menggunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyuntik kepingan kayunya atau memilih jenis parket yang telah disuntik dengan cairan anti rayap.
     
  • Pada daerah tropis (termasuk wilayah Indonesia), parket membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Warna pada parket dapat berubah atau pudar akibat terkena paparan sinar matahari. Agar tetap awet, dapat dilakukan proses steam setiap enam bulan sekali atau dengan memindahkan perabotan di atas parket secara berkala. Proses steam bertujuan untuk menjaga warna dan kebersihan parket dengan lebih baik.

Dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik dan benar, permukaan dan kualitas dari lantai kayu akan tetap terjaga. Selain itu, dengan kualitas dari setiap tipe parket yang dimiliki oleh Selgrid, maka akan menambah nilai estetika, keindahan, dan juga keunikan, serta suasana pada setiap bagian ruangan (misalnya rumah, tempat penginapan, coffeeshop, dll) yang nyaman sesuai dengan yang Anda inginkan.