Panduan Selgrid Mengenai Lantai Vinyl Lembaran dan Informasi Lainnya

Admin 28 Februari 2020

Lantai vinyl lembaran (sheet/roll) adalah salah satu jenis flooring yang masih saja kurang dimengerti dan disalahpahami. Masih ada orang yang mengiranya karpet, wallpaper, atau linoleum, dan masih ada yang memandangnya sebelah mata oleh karena reputasinya yang buruk di era yang lalu.

Kenyataannya, lantai vinyl adalah jenis flooring yang memiliki banyak lapisan, tahan lama, mudah dibersihkan, modern, berkualitas tinggi dibandingkan dengan versi lamanya, dapat dipasang di banyak ruangan, dan yang paling penting, memiliki harga yang terjangkau.

Tipe lantai vinyl lembaran yang paling populer mengandung lapisan fiberglass yang membuat roll ini rata dan menjaganya agar tidak melekuk. Tipe flooring ini juga memiliki wear layer dan top coat yang melindungi lantai dari goresan dan segala bentuk lecet lainnya.

Wear layer pada vinyl sheet/roll

Lapisan ini adalah komponen penting pada flooring karena hal ini melindungi lantai vinyl dari goresan yang akan terjadi pada permukaan lantai. Anggap saja lapisan ini adalah sebuah bodyguard, tentunya Anda menginginkan seorang pengawal yang kekar untuk melindungi Anda bukan? Sama seperti wear layer. Semakin tebal lapisan ini, maka semakin baik proteksinya terhadap vinyl sheet.

Jika Anda memasang lantai vinyl lembaran pada area yang foot traffic-nya sedikit seperti di dalam rumah dan ruang kerja, maka Anda tidak memerlukan wear layer yang tebal. Namun jika area tersebut high traffic, seperti di area komersial, maka lapisan ini sebaiknya yang sangat tebal.

Macam-macam lebar vinyl roll

Tidak seperti vinyl plank/papan atau tile/ubin, lebar lembaran lantai vinyl ini berpengaruh dan bisa dibilang cukup penting, karena hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya serta waktu.

Salah satu hal tersulit ketika memasang lantai vinyl lembaran adalah membuat potongan yang tepat dan presisi untuk meminimalisasi adanya celah dan pembuangan bahan. Tentunya Anda tidak akan membeli lembaran yang sangat lebar untuk lorong sempit, dan Anda tidak membeli varian yang kecil untuk menutupi ruangan lebar.

Oleh karena itu, sebelum Anda berbelanja, pastikan untuk mengukur ruangan dengan baik dan hubungi tim Selgrid agar kami dapat memberikan Anda lantai vinyl lembaran dengan lebar yang tepat untuk ruang tersebut.

Cara instalasi vinyl lembaran

Ada dua jenis metode instalasi yang dilakukan untuk lantai vinyl lembaran. Vinyl yang memiliki lapisan fiberglass dapat dipasang menggunakan stiker dan tidak merepotkan, dan prosesnya tidak membutuhkan lem perekat. Cara pemasangan ini mudah, namun kurang cocok untuk area yang ramai atau komersial.

Sebaliknya, cara pemasangan lantai vinyl lembaran yang lebih tradisional, yaitu menggunakan lem perekat dan umumnya membutuhkan tenaga profesional, adalah solusi yang lebih baik untuk area komersial atau high foot traffic.

Apakah saya bisa memasang vinyl sheet sendiri?

Jika Anda adalah seorang ahli atau sudah sering melakukan hal ini, maka tentu saja Anda dapat memasangnya sendiri. Akan tetapi, Selgrid selalu menyarankan untuk menyerahkannya kepada kontraktor dan tenaga profesional. Sebabnya, memotong lantai vinyl lembaran adalah hal yang tidak mudah karena membutuhkan presisi, supaya Anda tidak menghabiskan banyak biaya juga.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan mengenai lantai vinyl atau produk Selgrid lainnya? Hubungi tim kami!