Mengenal Lantai Vinyl Sheet atau Roll

Admin 03 April 2019

Anda sudah cukup sering mendengar kata lantai vinyl sheet atau roll, tapi apakah Anda sudah cukup mengenal lantai ini? Flooring ini cukup sering direkomendasikan oleh para arsitek dan interior designer. Tak hanya mereka saja, banyak yang menggunakannya juga, contohnya tempat-tempat publik. Jika Anda belum begitu paham akan flooring ini, mari mengenalnya lebih dalam.

Untuk menjelaskan sedikit produk ini, lantai vinyl sheet memiliki lapisan atas yang padat dengan warna atau corak apapun seperti kayu, batu, atau satu warna polos. Lapisan yang ini kemudian digabungkan dengan lembaran foam yang juga padat supaya dapat menyerap getaran atau goncangan.

Flooring ini berbentuk lembaran sehingga Anda akan mendapatkannya dalam bentuk gulungan. Ketika dipasang, lembaran ini akan dipotong terlebih dahulu kemudian dipasang dan disatukan supaya terlihat cantik dan mulus.

Anda dapat memilih ketebalan lantai vinyl sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, untuk lapangan basket indoor Anda lebih baik menggunakan yang lebih tipis supaya bola bisa memantul. Sedangkan untuk tempat yang ramai, Anda membutuhkan yang tebal karena dapat menyerap goncangan/getaran lebih baik.

Biasanya yang cukup merepotkan dari lantai vinyl roll adalah ketika Anda harus memotong dan menyatukan ujung-ujung lantai karena hal tersebut membutuhkan alat khusus. Bila Anda menggunakan jasa para profesional, maka hasilnya akan bagus hingga bertahun-tahun. Namun jika tidak, flooring tersebut akan terlihat tidak rapi dan mudah terpisah. Sehingga supaya aman-aman saja, Anda lebih baik menggunakan jasa para ahli.

Dari segi performa, Anda sudah mengetahui sendiri bahwa lantai vinyl roll tidak jauh berbeda dari  vinyl biasa. Flooring ini sangat cocok Anda pasang di area-area yang kelembapannya sangat tinggi dan tidak bisa Anda atur. Untuk tempat yang basah sekalipun, lantai ini akan tetap tahan lama.

Kekurangan utama flooring ini adalah proses instalasinya yang harus benar-benar sempurna. Seperti yang Anda ketahui, harga lantai ini jauh di bawah kayu asli, namun terkadang proses pemasangannya akan menambah biaya. Ketika ada kerusakan atau sudah terlihat kusam, Anda juga harus mengambil dan memasangnya kembali. Mengganti dengan lantai yang baru ini bisa memakan biaya yang sangat banyak.

Jika biaya tersebut membuat Anda keberatan, Anda bisa memilih alternatif yang lainnya, misalnya lantai vinyl dalam bentuk papan atau laminate. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan vinyl dalam bentuk roll, hanya saja biaya pemeliharaan dan instalasinya dapat membuat Anda ragu untuk memilih flooring ini.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan seputar lantai vinyl roll atau flooring lainnya? Jangan ragu untuk menghubungi tim Selgrid. Kami siap melayani segala pertanyaan atau informasi yang Anda butuhkan untuk hunian dan proyek Anda.