Mengapa Menggunakan Lantai Vinyl? Berikut ini Alasannya

Admin 18 Juni 2018

Lantai vinyl merupakan salah satu pilihan populer di kalangan para pemilik rumah modern. Selain tahan air dan noda, lantai ini memiliki daya tahan yang kuat serta dapat digunakan di berbagai setting. Dan berkat teknologi yang semakin maju, Anda bisa mendapatkan vinyl yang lebih beragam dengan harga yang tidak terlalu mahal. Dibandingkan keramik, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus memilih lantai vinyl.

 

Tahan beban dan lebih tenang

Flooring vinyl dapat menahan beban dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir oleh pergerakan kaki yang banyak. Kaki Anda juga akan terasa nyaman dan tidak bersuara keras. Untuk Anda yang memiliki buah hati dan/atau binatang peliharaan, hal ini merupakan sebuah nilai plus.

 

Beda tipe, beda fungsi

Lantai vinyl memiliki beberapa tipe, yaitu sheet, tile, dan plank. Meskipun sama-sama vinyl, tipe-tipe ini ada tujuannya sendiri-sendiri. Sheet adalah jenis yang paling tepat untuk area yang besar. Beberapa produsen menyediakan varian dengan lebar hingga 180 cm dengan panjang yang dapat disesuaikan dengan ruangan Anda. Harganya juga yang paling murah, namun membutuhkan bantuan profesional untuk memasangnya.

 

Yang kedua adalah vinyl tile. Karena tidak selebar sheet, tipe yang ini sangat mudah dipasang dan cocok sekali untuk proyek DIY Anda. Instalasinya juga jauh lebih mudah, karena Anda hanya tinggal melekatkannya dengan lem atau Anda bisa membeli yang self-adhesive. Bahkan ada juga yang menggunakan sistem interlock yang hanya perlu dikaitkan dan disambungkan. Tidak perlu repot dan sangat simpel.

 

Tipe paling mahal di antara ketiga ini adalah plank oleh karena wujud dan susunannya yang seperti hardwood. Biasanya tipe ini merupakan alternatif hardwood yang harganya sangat tinggi. Plank juga mudah dipasang dan tersedia dengan berbagai macam ukuran. Jadi jika Anda ingin memiliki lantai hardwood tetapi on budget, lantai vinyl plank ini adalah pilihan yang pas.

 

Tidak dingin dan tidak repot

Karakteristik lantai vinyl adalah idaman para pemilik rumah. Jika ada yang tumpah, Anda hanya perlu mengelap bagian tersebut. Untuk segala bentuk kotoran dari hewan peliharaan, cukup lap dan beri disinfektan. Dengan lantai ini, Anda tidak perlu lagi khawatir akan air, minyak, atau bahan kimia yang bocor ke bawah lantai. Yang penting Anda membersihkannya secepat mungkin.

 

Untuk pembersihan rutin, Anda cukup tinggal menyapu, pel, atau menggunakan penyedot debu. Anda dapat menentukan sendiri berapa sering Anda harus membersihkannya, dan cek petunjuk dari produsen untuk mengetahui metode pembersihan yang tepat untuk lantai Anda.

 

Karena pemasangannya yang sangat praktis, lantai vinyl bisa Anda tumpuk di atas lantai lama. Baik lantai vinyl lain ataupun keramik, Anda tidak perlu membongkarnya. Selain itu, lantai ini hangat dan nyaman di kaki, tidak seperti marmer atau keramik. Ketika cuaca terasa dingin, maka Anda tidak akan semakin kedinginan. Bila Anda kurang menyukai dingin, maka inilah yang harus Anda pilih.

 

Yang terpenting adalah, Anda dapat berkreasi sekreatif mungkin karena keragamannya. Anda juga akan tetap mendapatkan lantai yang berkualitas dan ramah lingkungan namun dengan harga yang ramah di kantong, seperti pilihan lantai vinyl dari Selgrid. Jadi, masih bingung antara memilih keramik atau lantai vinyl?