Memilih Flooring yang Tepat Untuk Kamar Tidur Anak atau Ruang Bermain

Admin 25 Juli 2019

Ruang bermain atau kamar tidur anak adalah tempat di mana si kecil akan sering menghabiskan waktunya. Saat Anda sedang memilih flooring untuk mereka, keamanan, ketahanan, dan kemudahan untuk membersihkan merupakan fitur yang harus Anda cari. 

Apabila Anda sudah memiliki flooring dan tidak ingin menggantinya, maka Anda bisa menggunakan karpet foam yang bisa dipasang di atas lantai yang sudah ada. Sekarang, karpet foam memiliki banyak warna dan variasi huruf ABC atau angka sehingga anak-anak bisa bermain di tempat yang aman dan juga menambah pengetahuan.

Memang, Anda bisa memberikan karpet foam supaya si kecil tidak mudah terluka. Namun flooring tersebut masih harus tetap dapat tahan akan mainan-mainan yang terjatuh, tumpahan, dan segala benda yang terseret yang dapat menggores flooring. 

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari Selgrid mengenai beberapa jenis flooring supaya kami dapat membantu Anda memilih lantai yang tepat. 

Laminate

Flooring ini adalah jenis yang sifatnya cukup licin, oleh karena itu sebaiknya Anda memberikan produk-produk lainnya yang dapat mengurangi kecelakaan agar si kecil maupun Anda sendiri tidak mudah terjatuh atau terluka. Selain itu, Anda harus membersihkan segala bentuk tumpahan secepatnya 

Apabila anak Anda memiliki alergi debu atau asma, maka laminate bisa menjadi flooring yang tepat karena Anda bisa membersihkannya dengan mudah sehingga debu tidak akan menumpuk. Bila Anda memasang underlay, maka lantai dapat menjadi lebih empuk dan tidak terlalu berisik. 

Laminate juga tersedia dalam berbagai pilihan sehingga Anda bisa mendapatkan flooring kayu namun dengan harga yang lebih murah. Proses pemasangannya juga sangat mudah dan tidak mengganggu aktivitas Anda maupun si kecil dalam waktu lama.

Kayu asli

Lantai ini tentu akan terlihat sangat indah dan cantik di segala ruangan. Namun ingat bahwa kayu memuai dan menyusut mengikuti keadaan lingkungan, terutama di area yang sangat lembab. Sehingga, Anda harus sangat rajin memeliharanya supaya papan kayu tidak mencuat dan melukai si kecil. 

Agar tidak terlalu merepotkan Anda, sebaiknya Anda menggunakan lantai engineered wood. Flooring jenis ini lebih mudah dirawat dan lebih aman untuk si kecil. Bila Anda khawatir akan lantai yang terasa terlalu keras untuk anak Anda, gunakan underlay dan berikan karpet ekstra.

Vinyl

Seperti yang sudah Anda ketahui, flooring ini adalah pilihan yang jauh lebih murah dibandingkan banyak tipe lantai kayu lainnya. Memasangnya serta memeliharanya sangat mudah. Untuk ruang bermain atau kamar tidur si kecil, Anda bisa berkreasi dengan bebas karena flooring ini memiliki banyak warna dan pola yang dapat menghibur si kecil.

Selgrid menyarankan Anda untuk berimajinasi dan berkreasi sebanyak mungkin ketika memilih vinyl untuk anak-anak. Anda bisa memiliki flooring yang menyerupai sirkuit balap mobil, jalan raya, atau peta dunia yang akan terlihat semakin bagus ketika anak Anda memberi mainan bangunan di atasnya.

Untuk informasi seputar lantai kayu yang tepat untuk hunian Anda atau ruangan-ruangan tertentu seperti kamar tidur anak, hubungi tim Selgrid sekarang juga!