Memasang Lantai Kayu atau Vinyl Sendiri di Rumah Anda

Admin 07 Mei 2018

Jika Anda sedang dalam proses pembangunan hunian impian Anda, apakah Anda telah mempertimbangkan ingin menggunakan jenis lantai apa untuk hunian Anda? Jika belum lantai kayu dapat menjadi alternatif pilihan lantai rumah Anda. Lantai kayu dipercaya mampu membuat penampilan rumah menjadi lebih menarik dan memiliki nilai lebih dalam hal estetika. Biasanya lantai kayu dipasang untuk kamar tidur, ruang tamu dan ruang makan.  

Selain lantai kayu, lantai vinyl juga dapat menjadi pilihan alternatif lain untuk lantai rumah Anda. Mengapa? Karena lantai vinyl mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan lantai kayu dan memiliki harga yang tak terpaut jauh dengan lantai keramik. Selain itu, lantai vinyl juga memiliki beragam motif, warna dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda. Jenis lantai ini juga memiliki motif lantai kayu, jadi jika Anda tidak ingin mengeluarkan budget terlalu banyak untuk lantai hunian Anda, lantai vinyl dapat menjadi alternative terbaik.

 Jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda dapat memasang lantai kayu atau lantai vinyl untuk rumah Anda sendiri. Proses pemasangan kedua jenis lantai ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Dengan menggunakan kesabaran, ketelitian serta semangat belajar, bukan tidak mungkin Anda dapat melakukan pemasangan lantai untuk hunian impian Anda sendiri. Untuk membantu Anda mengetahui peralatan apa saja yang diperlukan serta tahapan-tahapan pemasangan lantai kayu maupun lantai vinyl, berikut kami sertakan panduan cara memasang lantai kayu dan lantai vinyl yang mungkin dapat mempermudah Anda.

Cara memasang lantai kayu

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan
  • Penggaris siku
  • Meteran
  • Palu
  • Pemotong kayu
  • Besi siku
  1. Letakkan kayu pada permukaan lantai
  2. Sambungkan lantai kayu dengan menggunakan system uni-click
  3. Pasang lembar kayu berikutnya pada sisi tembok yang berlawanan
  4. Beri jarak antara tembok dan parket kurang lebih 8mm untuk spare pemuaian parket
  5. Potong bagian parket sesuai kebutuhan di lokasi
  6. Susunkan parket seperti bata
  7. Gunakan besi siku untuk memasukkan lembaran terakhir lantai kayu
  8. Gunakan skirting untuk untuk menutup celah pemuaian agar terlihat lebih rapi
  9. Gunakan sealant untuk menempelkan skirting pada tembok

 

Cara memasang lantai vinyl

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti
  • Palu
  • Penggaris siku
  • Kuas
  • Lem
  • Cutter
  • Meteran
  1. Olehkan lem pada bagian belakang lembarang vinyl kemudian ratakan hingga seluruh bagian tertutup lem
  2. Oleskan lem pada seluruh lantai yang akan dipasang vinyl
  3. Pasang lembaran vinyl di permukaan lantai
  4. Potong lembarang vinyl menggunakan cutter
  5. Urutkan lemvaran vinyl seperti susunan bata

 

Video tutorial pemasangan lantai kayu dan lantai vinyl

Jika Anda masih kesulitan untuk mengaplikasikan tutorial diatas, berikut video tutorial untuk pemasangan lantai kayu maupun lantai vinyl :

Walaupun memasang lantai kayu dan vinyl terkesan mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Namun tidak ada salahnya jika Anda mempercayakan pemasangan lantai kayu atau vinyl untuk rumah Anda kepada ahlinya. Mengapa? Karena walaupun tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memasangang lantai kayu atau vinyl sendiri tetapi tentu saja ada peralatan khusus dan juga pengalaman dalam hal pemasangan lantai agar hasil yang didapatkan dapat maksimal. Jika Anda tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya dan Anda membutuhkan jasa pemasangan lantai kayu atau vinyl silakan hubungi Selgrid Flooring melalui nomer +628179911332 atau melalui email cs@selgrid.com. Tenaga professional kami siap membantu pemasangan lantai rumah Anda dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.