Lihat Perbandingan Lantai Kayu Terang vs Gelap Sebelum Membeli Flooring

Admin 06 Februari 2019

Ketika Anda sedang memilih lantai kayu, Anda akan mengalami sedikit dilema antara pilihan warna yang terang atau gelap. Keduanya memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, dan beberapa poin di bawah ini dapat membantu Anda menentukannya.

Apakah kayu gelap lebih stylish?

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu berwarna gelap dapat memberikan kesan yang maskulin atau tegas namun tetap terasa nyaman dan juga mewah. Ketika dilihat dari segi desain interior, lantai kayu berwarna gelap adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang suka bermain dengan kontras karena area yang gelap ini dapat membuat warna terang lain mencolok.

Akan tetapi, hal ini bisa menjadi faktor penentu nilai jual ketika Anda menjual properti. Tidak semua orang dapat berkreasi dengan interior, sehingga Anda harus benar-benar mengerti market atau niche.

Sebaliknya, kayu berwarna terang adalah lantai yang lebih “user-friendly”, maksudnya pembeli bisa lebih bebas mendekorasi sesuai apa yang mereka inginkan. Selain itu, jika pembeli sewaktu-waktu berubah pikiran, mereka dapat mengganti lantai tersebut sendiri. Sebaiknya, gunakan lantai kayu Indonesia yang mudah diganti sehingga pembeli Anda tidak repot nantinya.

Beberapa pertimbangan untuk dekorasi

Jika Anda membeli properti yang sudah lengkap dengan dekorasinya, Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan ketika ingin mengganti warna lantai kayu karena dekor yang sudah ada tidak cocok. Sedangkan, biaya mengganti dekorasi bisa jauh lebih mahal daripada membiarkan apa yang Anda punya sekarang.

Bila Anda sedang dalam situasi ini, hal yang dapat Anda lakukan pertama-tama adalah lihat cahaya alami yang Anda miliki. Jika properti Anda memiliki sedikit cahaya alami pada lantai yang gelap, maka Anda dapat menutupnya dengan karpet berwarna terang. Lantai gelap ditambah sedikit cahaya alami memberi kesan ruangan yang dingin dan sempit. Ganti warna dinding dengan wallpaper berwarna netral bila memungkinkan.

Selain itu, Anda juga bisa beradaptasi dengan apa yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda mendapatkan properti dengan lantai kayu gelap, maka sesuaikan dengan tema atau desain yang cocok, contohnya rustic atau industrial. Dengan ini, Anda tidak benar-benar mengganti dekorasi dan Anda malah akan mendapatkan kesan ruangan yang estetik.

Untuk lantai berwarna terang, Anda bisa menyesuaikan tema yang modern, minimalis, atau scandinavian. Lantai yang terang adalah pilihan yang sangat sesuai dengan tipe furniture atau dekorasi dengan ujung-ujung yang tega, terutama jika Anda memiliki cahaya alami yang banyak.

Apabila Anda ingin membuka bisnis seperti restoran, bistro, cafe, atau bar, Anda harus benar-benar memperhatikan harmoni dari lantai hingga plafon Anda karena salah satu nilai jual yang menonjol dari usaha tersebut adalah suasana. Agar Anda mendapatkan dekorasi terbaik, kami menyarankan untuk menyewa jasa desainer interior. Namun untuk urusan lantai kayu Indonesia, serahkan hal tersebut kepada Selgrid.