Lantai Apa Saja yang Dapat Digunakan Untuk Ruang Laundry?

Admin 22 Januari 2020

Di banyak tempat modern atau hunian yang tidak terlalu besar, ruang laundry yang umumnya terdiri dari mesin cuci, pengering, lemari dan tempat setrika. Nah, untuk ruangan seperti ini, flooring apa saja yang sebaiknya digunakan? Apakah lantai vinyl cocok?

Ketika memilih lantai, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan. Tipe lantai yang baik adalah jenis yang tidak mudah menyerap kelembapan dan air, agar flooring tersebut tidak mengembung, melengkung, dan berjamur. 

Lantai tersebut juga harus dapat tahan akan noda membandel dan permanen karena dalam ruangan laundry tumpahan deterjen dan bahan lainnya bukanlah hal yang tidak mungkin. Selain itu, flooring itu juga harus  tidak mudah cacat akibat beban badan, perabotan, dan benda lainnya, mudah dibersihkan atau dirawat, tahan lama, kokoh, dan pastinya sesuai dengan anggaran Anda. Berikut ini adalah jenis lantai yang tepat.

Keramik

Sangat sering ditemukan pada hunian dan proyek bangunan, keramik adalah salah satu pilihan terbaik untuk digunakan pada ruang laundry oleh karena variasi dan daya tahannya yang amat baik. Tak hanya itu saja, lantai ini kedap air dan tidak mudah terpengaruh oleh bahan kimia. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai goresan.

Batu alam

Marmer, travertin, dan batu gamping adalah beberapa jenis batu alam yang sangat terlihat cantik ketika Anda gunakan sebagai flooring. Ketika Anda memasangnya pada ruang laundry, maka area tersebut akan terasa lebih alami, natural, dan berbeda. 

Keunggulannya adalah kemudahan merawat serta membersihkannya, yaitu dengan menyapu secara rutin dan mengepelnya menggunakan kain lembab. Kelemahan flooring ini adalah harganya yang cenderung lebih mahal dari jenis lantai lainnya dan Anda harus memberi pelindung agar permukaannya tidak rusak terkena bahan kimia dari deterjen.

Vinyl

Ciri-ciri utama yang membuat lantai vinyl sebagai pilihan lantai yang paling sesuai untuk ruang laundry adalah daya tahannya yang sangat baik. Dan, harganya sangat bersahabat dan cocok untuk Anda yang memiliki budget sedikit. Pastikan ketika Anda memasangnya, permukaan alasnya harus rata agar proses instalasi berjalan dengan lancar dan benar. 

Ada beberapa jenis lantai vinyl yang sesuai untuk ruang ini, yaitu roll/sheet dan luxury. Vinyl sheet adalah tipe yang paling tahan air di antara tiga jenis. Bentuknya adalah lembaran yang akan disesuaikan dengan ukuran ruangan laundry. Pemasangannya cukup sederhana, yaitu menggunakan perekat yang sesuai untuk menempelkan flooring kepada alasnya. 

Lantai vinyl roll memiliki banyak sekali ragam, desain, dan model yang dapat Anda sesuaikan dengan tema interior hunian atau warna dominan yang ada pada ruang tersebut. Namun yang menjadi kelemahan adalah Anda harus sangat berhati-hati untuk tidak menjatuhkan benda tajam, benda berat, dan menyeret perabotan, karena hal tersebut dapat merusak flooring ini. Bila rusak, maka Anda harus mengganti seluruh flooring. 

Jenis satunya, yaitu lantai vinyl luxury, adalah jenis yang berharga lebih mahal dibandingkan sheet/roll. Flooring ini juga memiliki banyak ragam namun dengan kualitas dan kemiripan dengan tiruannya yang lebih baik. Sifatnya juga kokoh dan tahan air, namun air tetap dapat masuk melalui celah atau batas papan vinyl.

Setelah membahas tipe flooring yang sangat sesuai untuk ruang laundry Anda seperti lantai vinyl, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mencari tahu lebih banyak mengenai produk-produk yang disediakan oleh Selgrid. Hubungi tim kami sekarang juga!