Kelebihan WPC dan WPC Decking

Admin 12 Maret 2018

Wood-Plastic Composite atau WPC atau komposit kayu, terdiri dari polyethylene (PE) dan serbuk kayu yang lebih sering digunakan pada komponen bangunan dan struktural. Sedangkan, WPC yang terdiri dari serbuk kayu dan polypropylene (PP), lebih umum digunakan untuk produk otomotif. Selain itu, serbuk kayu dan polyvinyl chloride (PVC) membentuk WPC yang biasanya ditemukan di manufaktur jendela, serta aplikasi decking tertentu (WPC Decking atau decking WPC). Kombinasi dari acrylonitrile butadiene styrene (ABS) dan serbuk kayu menghasilkan WPC atau komposit kayu yang dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi.

Perbedaan yang dimiliki oleh permukaan struktur alami kayu dan matriks dari polimer plastik menentukan hasil properti fisik setiap komposit yang terbentuk. Maka dari itu, berbagai kelebihan yang berhasil dibentuk telah membuat WPC Decking menjadi pilhan yang selalu ada untuk setiap decking kayu. Berikut adalah kelebihan-kelebihan WPC dan WPC Decking:

  • Tahan Lama
    Dibandingkan dengan dek kayu, dek dengan WPC memiliki usia yang lebih lama (tahan lama). WPC Decking terbuat dari kombinasi vinyl, kayu, dan material daur ulang lainnya yang dikompres. Karena kandungannya yang mengkombinasi kayu dan plastik, WPC lebih tahan lama di bawah sinar matahari, hujan, dan angin dibandingkan dengan dek kayu.
  • Hemat Biaya
    Pada umumnya, komposit kayu atau WPC terbilang murah dari dibandingkan kayu. WPC dapat didaur ulang 100% dan dapat diproduksi kembali. Selain itu, WPC juga dapat dijadikan bisnis dan terbaik untuk investasi jangka panjang. Dikarenakan WPC dikembangkan berdasarkan keluhan-keluhan yang terjadi akibat dek kayu, maka decking WPC tidak memerlukan perawatan ekstra.
     
  • Keseragaman dan Daya Tahan Warna
    WPC memiliki berbagai macam ukuran panel berbeda dan dapat digunakan baik indoor ataupun outdoor. Warnanya pun tidak cepat memudar. Banyak orang yang lebih memiliki komposit kayu ini karena keseragaman warna antara satu dek dengan dek lainnya.
     
  • Pengendalian Hama dan Kerusakan
    Daya tahan yang tinggi terhadap air dan bahan kimia rumah tangga menjadikan WPC tidak mudah rusak (kemungkinan retak sangat kecil) dan tetap memiliki bentuk yang kokoh walaupun dirancang untuk outdoor. Selain itu, WPC juga memiliki daya tahan yang baik terhadap rayap, jamur, dan hama karena proses manufaktur yang dilalui dan material yang digunakan telah membuat WPC secara alami dapat melindungi diri dari rayap, jamur, dan hama.

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki WPC ini, Selgrid berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Karena WPC adalah produk manufaktur, maka produk ini secara konstan tetap dilakukan peningkatan dan pengujian. Selgrid akan memastikan bahwa kebutuhan konsumen akan WPC atau lantai kayu lainnya dapat terpenuhi secara maksimal.