Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Admin 30 April 2018

Memiliki hunian yang nyaman, bersih serta memiliki nilai estetika yang tinggi adalah impian bagian setiap orang. Untuk mewujudkan hal itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik hunian, salah satunya adalah penggunaan lantai. Tak sedikit orang yang merasa bingung ketika memilih jenis lantai yang akan digunakan untuk rumah tercinnya, tentu saja karena di pasaran tersedia berbagai macam jenis dan motif lantai yang dapat dipilih.  

Di Indonesia sendiri, banyak masyarat yang menggunakan lantai keramik untuk melengkapi huniannya. Salah satu alasannya karena jenis lantai ini memiliki harga yang terjangkau dan memiliki daya tahan yang bagus jika dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, orang-orang mulai bosan menggunakan lantai keramik dan menginginkan hunian yang berbeda dengan lainnya. Lantai keramik dirasa masih belum mampu memuaskan hasrat untuk memiliki hunian yang berbeda dengan lainnya. Alternatif lantai yang dapat dipilih sebagai pengganti lantai keramik diantaranya adalah lantai marmer, lantai porselen, lantai kayu, lantai vinyl dan lainnya. Dari berbagai macam alternatif lantai yang tersedia, lantai vinyl digadang-gadang menjadi alternatif terbaik yang dapat dipilih sebagai pengganti lantai keramik.

Tahukah Anda apakah itu lantai vinyl?

Lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai sintetis yang tebuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang diolah menggunakan teknologi khusus sehingga menghasilkan motif indah serta memiliki ketahanan yang tak perlu diragukan lagi. Lantai vinyl juga merupakan salah satu alternatif terbaik sebagai pengganti lantai keramik. Hal in karena harga lantai vinyl tidak terpaut jauh dengan harga lantai keramik. Selain itu, lantai ini memiliki beragam motif, warna, ukuran dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Lantai Vinyl

               Maraknya trend desain interior berkonsep natural membuat banyak orang memilih menggunakan material kayu atau batu alam sebagai pelapis huniannya. Sayangnya, kedua material tersebut memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan jenis lantai lainnya. Lantai vinyl hadir sebagai solusi untuk mewujudkan hunian idaman Anda dengan harga yang terjangkau. Berikut beberapa kelebihan lanyai vinyl :

  1. Harga terjangkau

Lantai vinyl memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan jenis lantai lainnya.

  1. Perwatan yang mudah

Untuk merawat lantai jenis ini agar dapat bertahan lama, Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya agar selalu bersih.

  1. Memiliki banyak pilihan motif

Di pasaran, lantai vinyl memiliki banyak pilihan motif, warna, ukuran dan bentuk. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Nyaman

Hunian yang menggunakan lantai vinyl akan terasa nyaman ketika dipijak. Hal ini karena dibawahnya terdapat lapisan busa. Selain itu, lantai jenis ini cocok untuk tempat yang bersuhu dingin, karena ketika dipijak lantai ini akan terasa hangat.

  1. Awet

Jenis lantai ini dikenal memiliki daya tahan yang cukup baik. Lantai vinyl mampu bertahan pada paparan sinar matahari ataupun tetesan air hujan. Selgrid, salah satu supplier lantai kayu di Jakarta mengklaim bahwa lantai vinyl mampu bertahan hingga 10 tahun. Bahkan Selgrid tidak ragu memberikan garansi 10 tahun, selama produk digunakan dan dirawat dengan baik.

 

Kekurangan Lantai Vinyl

               Setelah mengetahui beberapa kelebihan lantai vinyl diatas, Anda juga sebaiknya mengetahui kekurangan lantai jenis ini. Supaya Anda dapat mempertimbangkan apakah hunian Anda cocok menggunakan lantai vinyl atau tidak. Berikut ulasannya:

  1. Kurang baik bagi kesehatan

Seperti yang diketahui, lantai vinyl terbuat dari bahan PVC. Bahan ini kurang baik untuk kesehatan karena dapat melepaskan Volatile Organic Compounds (VOC). Jika Anda termasuk orang yang sensitif dengan bahan tersebut, sebaiknya Anda pikirkan ulang untuk menggunakan lantai vinyl.

  1. Mudah rusak bila terkena benda tajam

Lantai vinyl akan mudah rusak jika terkena benda-benda tajam atau benturan benda keras lainnya.

  1. Susah diperbaiki

Lantai jenis ini sulit diperbaiki, sehingga jika rusak Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

  1. Jika pemasangan tidak benar, hasil yang didapatkan kurang maksimal

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu memperhatikan lapisan pertamanya. Pastikan lapisan pertamanya bersih agar lantai vinyl dapat berfungsi secara maksimal dan tidak mudah lepas.

  1. Agak sulit didapatkan

Karena lantai vinyl masih tergolong baru, sehingga lantai jenis ini tidak bisa didapatkan di semua toko bangunan. Umumnya lantai jenis ini hanya tersedia di toko bangunan yang besar dan berada di kota-kota besar.

Baca juga : Beralih ke lantai vinyl, apa saja manfaatnya?