Kelebihan dan kekurangan lantai kayu

Admin 23 April 2018

Lantai kayu atau dikenal juga dengan parket adalah salah satu jenis lantai yang diminati sejak dulu. Lantai kayu dinilai mampu menciptakan suasana nyaman di dalam rumah. Jenis lantai ini sering dipilih sebagai lantai rumah karena dipercaya dapat meningkatkan estetika bangunan, khususnya interior ruangan. Selain itu masih banyak manfaat lantai kayu lainnya. Sebelum Anda membeli lantai kayu untuk hunian Anda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan lantai kayu. Sehingga Anda dapat mengetahui apakah lantai kayu cocok untuk hunian Anda atau tidak. Berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan lantai kayu untuk Anda.

Kelebihan lantai kayu

  1. Awet

Daya tahan lantai kayu sangat bagus jika dirawat dengan benar. Lantai jenis ini dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun.Selgrid, salah satu supplier lantai kayu Jakarta tak segan-segan memberikan garansi selama 10 tahun untuk produk lantai kayu yang dijualnya. 

  1. Perawatan cukup mudah

Bagaimana cara merawat lantai kayu agar tahan lama? Untuk membuatnya tahan lama tak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu membersihkan lantai kayu menggunakan penyedot debu atau sapu berbulu halus untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Namun jika terkena noda cair, Anda cukup membersihkannya menggunakan lap kering.

  1. Baik bagi kesehatan

Lantai kayu atau parket dapat menyerap panas. Sehingga ketika cuaca dingin, Anda tak perlu khawatir karena dengan menggunakan lantai jenis ini hunian Anda akan selalu terasa hangat. Hal ini karena lantai kayu memiliki kemampuan menyimpan panas di siang hari, kemudian panas yang tersimpan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari.

  1. Investasi jangka panjang

Mengapa bisa menjadi investasi jangka panjang? Hal ini karena bangunan yang menggunakan lantai parket akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang menggunakan lantai keramik. Selain itu, harga jual lantai kayu setiap tahunnya terus naik, sehingga rumah dengan lantai parket diprediksi menjadi salah satu properti yang memiliki harga mahal di masa depan.

  1. Menambah nilai elegan dan natural

Pemakaian lantai berbahan dasar kayu selalu berhasil menciptakan kesan elegan dan natural pada hunian yang Anda tempati. Dengan suasana natural yang berhasil terbentuk, akan membuat Anda lebih betaj berada dirumah.

Kekurangan lantai kayu

  1. Rentan terhadap cuaca

Salah satu kekurangan lantai kayu adalah rentan terhadap cuaca. Warna permukaan lantai kayu mudah memudar jika terkena  sinar matahari secara langsung. Untuk itulah, lantai kayu lebih cocok dipasang diruangan tertutup.

  1. Rentan terhadap kelembaban

Jika lingkungan Anda memiliki kelembaban yang cukup tinggi, Anda perlu berpikir ulang untuk memasang lantai kayu dirumah Anda. Hal ini karena lantai kayu akan mudah lapuk jika dipasang ditempat yang memiliki tingkat kelembaban tinggi.

  1. Rentan terhadap goresan

Lantai kayu juga sangat rentan terhadap goresan. Untuk itu Anda perlu berhati-hati jika ingin memindahkan furniture rumah. Usahakan Anda tidak mendorong furniture ketika memindahkannya agar lantai kayu Anda tidak tergores.

  1. Dapat memuai

Lantai kayu juga memiliki sifat dapat memuai dan menyusut jika ada perubahan suhu ekstrim. Jika hal ini terjadi, maka lantai kayu milik Anda akan menjadi tidak rata. Tentu saja hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

  1. Susah dibersihkan

Lantai kayu akan susah dibersihkan jika sudah terkena noda tinta atau cat. Hal ini karena kedua noda tersebut dapat meresap ke dalam kayu dan menyatu dengan material kayu. Jika Anda tidak rajin membersihkannya, maka lantai kayu milik Anda akan menjadi sarang bakteri yang dapat berubah menjadi sarang penyakit. Untuk itu rajin-rajinlah merawat lantai kayu milik Anda agar kesehatan keluarga juga terjaga.