Jenis Lantai Kayu yang Baik Untuk Kantor Dengan Setting Open Office

Admin 04 Maret 2020

Tempat kerja dengan setting open office, yaitu terbuka tanpa ada sekat atau cubicle, akan terlihat lebih estetik ketika menggunakan lantai kayu. Namun, jika flooring mengakibatkan kebisingan, hal tersebut dapat berpengaruh kepada produktivitas. Berikut ini adalah saran dari Selgrid seputar lantai yang ideal untuk area ini supaya working space tetap nyaman dan tidak mengganggu kelancaran pekerjaan.

Cari yang mudah dirawat dan tahan lama

Kebersihan tempat kerja harus selalu dijaga, dan agar hal tersebut tidak mengganggu aktivitas secara berlebihan, pilih jenis lantai kayu mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan pemeliharaan khusus. Tentunya kita tidak ingin memilih flooring yang mudah memiliki noda permanen dan kotor bukan?

Kantor adalah tempat yang sibuk dan memiliki banyak kegiatan yang dapat membuat lantai terlihat kusam dan tidak menarik. Bila lantai kayu tersebut tidak terlihat bersih, hal tersebut dapat memberi kesan yang kurang baik dari klien, pelanggan, dan juga dapat mempengaruhi mood karyawan yang bekerja di sana.

Lalu, lantai kayu yang dipasang pada open office tersebut juga harus bisa menampung banyak foot traffic. Flooring yang memiliki banyak sekali goresan, lecet akibat sepatu, dan bentuk aus lainnya akan membuat lantai terlihat tidak baik dan juga dapat memberikan kesan yang kurang baik.

Flooring terbaik untuk kantor open office

Vinyl dan laminate adalah dua jenis lantai kayu tiruan yang sangat sesuai untuk tempat kerja seperti ini. Kedua hal tersebut dapat menampung berbagai jenis kegiatan dan tidak mudah rusak seperti flooring kayu asli. Tak hanya itu saja, dua produk itu juga dapat memberikan Anda rupa kayu yang realistis namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Vinyl adalah pilihan lantai kayu yang lebih banyak keunggulannya karena lebih mudah dirawat, memiliki banyak pilihan, tahan kelembapan dan air sehingga dapat dipasang di area yang basah seperti kamar mandi atau yang sibuk seperti pantry atau ruang istirahat.

Pilihan lantai yang dapat menyebabkan kebisingan

Open office dapat memiliki tantangan dalam bentuk suara. Bunyi langkah kaki di atas permukaan lantai keras dan gema suara obrolan dari karyawan yang lain dapat menjadi sebuah gangguan dan hal itu bisa mengurangi produktivitas atau malah menambah stress pada pekerja yang seharusnya bisa dihindari.

Lantai kayu vinyl dapat meredam suara dan menurunkan tingkat kebisingan. Bila ditambahkan dengan underlayment yang juga dapat menyerap suara, masalah ini dapat diatasi dengan baik. Jika tidak ada subfloor, pilih vinyl yang tebal pada ruangan ini, semakin tebal semakin baik. Karena, selain meredam suara, resiko kerusakan juga semakin minimal.

Beberapa jenis flooring yang dapat menyebabkan kebisingan adalah concrete (beton), hardwood atau kayu asli, dan batu alam. Bahan-bahan ini tidak dapat menyerap suara, dan malah membuat bunyi-bunyi itu terdengar lebih kencang. Tipe flooring ini pada umumnya memiliki tekstur yang keras, dengan permukaan yang kokoh yang mengakibatkan suara lebih mudah dipantulkan dan menggema di seluruh ruangan.


Singkat kata, vinyl dan laminate adalah dua jenis lantai kayu yang sesuai untuk open office. Untuk mendapatkan flooring berkualitas, Selgrid adalah solusinya. Hubungi kami sekarang juga.