Cara Terbaik Membersihkan Lantai Kayu Laminate

Admin 19 Maret 2019

Ketika alternatif lantai kayu sudah semakin populer, cukup banyak yang beralih pada laminate. Tidak hanya penampilannya saja yang mirip dengan kayu asli, bahkan lantai batu, ketahanannya akan sinar ultraviolet dan kelempabannya juga lebih baik dari yang asli.

Mengapa membersihkan lantai dengan baik itu penting

Sama halnya dengan lantai kayu asli yang berwarna terang dan gelap, laminate adalah flooring yang sifatnya cenderung low maintenance. Tetapi, Anda dapat menikmati flooring ini dalam waktu yang lebih lama daripada kayu asli, apalagi jika permukaannya tidak mengalami kerusakan.

Apabila Anda memiliki parket laminate dengan pola chevron atau herringbone, kerusakan tersebut tidak akan terlalu terlihat. Namun, akan lebih baik jika Anda tetap menjaga permukaan flooring selalu rata.

Saat Anda membeli laminate, hal itu hanyalah awal mula perjalanan lantai tersebut saja. Jika Anda ingin flooring Anda lebih awet dan selalu terlihat cantik, maka Anda harus merawatnya dan salah satu cara yang paling mudah adalah membersihkan lantai tersebut dengan benar.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, hindari menggunakan bahan pembersih lantai yang sifatnya abrasif dan terbuat dari bahan kimia yang keras. Gunakan pembersih lantai yang memang dirancang khusus untuk lantai kayu dengan formula yang efektif namun lebih bersahabat untuk flooring.

Anda bisa mencari pembersih lantai jenis ini di supermarket atau toko online yang Anda percaya. Cari saja pembersih ramah lingkungan yang mencantumkan laminate di labelnya.

Peralatan terbaik untuk membersihkan laminate

Yang pertama, hindari menyeret perabotan dan menjatuhkan benda tajam di atas flooring tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan alat pembersih yang tajam atau tidak rata, Anda dapat merusak lantai kayu tersebut.

Hindari menggunakan spons atau kain yang kasar dan juga pembersih uap (steam cleaner) karena uap panas tersebut juga dapat merusak lantai. Bila ada sesuatu yang tertumpah sedikit, Anda hanya perlu menggunakan kain lembut yang lembab saja.

Untuk area yang luas atau untuk membersihkan seluruh hunian/bangunan, gunakan kain pel yang terbuat dari microfiber karena kain jenis ini dapat menyebarkan cairan pembersih dengan lebih baik dan lantai kayu Anda dapat menjadi lebih bersih.

Gunakan teknik yang benar

Selain menggunakan pembersih yang tepat, teknik membersihkannya juga harus sama tepatnya. Jika Anda memiliki pel semprot, Anda dapat mengepel lantai seperti biasa namun lebih pelan-pelan. Akan tetapi, untuk Anda yang menggunakan pel dan baskom (cara tradisional), jangan membasahi kain pel secara menyeluruh agar tidak menambah kelembapan pada flooring.

Lalu, jangan lupa untuk membilas kain pel sering-sering supaya Anda tidak memindahkan kotoran kembali ke lantai. Setelah itu, pel sekali lagi lantai kayu laminate Anda hanya dengan air dan kain microfiber sebelum Anda mengeringkannya.

Jika flooring Anda tidak memiliki noda membandel atau tumpahan, hindari mengepel dengan terlalu keras. Hilangkan noda tersebut dengan cara menekan-nekan menggunakan kain pel bersih saja di area yang kotor.

Untuk Anda yang ingin informasi lebih lanjut mengenai lantai laminate atau lantai kayu lainnya dari Selgrid, hubungi tim kami secepatnya. Kami selalu siap melayani Anda.