Cara Memilih Lantai Vinyl Yang Tepat Untuk Hunian Anda

Admin 27 Agustus 2018

Katakanlah Anda sudah mantap memilih lantai vinyl untuk hunian tercinta. Lalu sekarang Anda masih kurang yakin tentang varian atau warna lantainya. Bagaimana cara menemukan vinyl yang tepat? Berikut tipsnya.

 

Tentukan banyak lantai yang Anda butuhkan

Seberapa banyak lantai yang Anda butuhkan bergantung dari besarnya ruangan yang ingin Anda beri lantai vinyl serta dimensi setiap plank vinyl tersebut. Ukur panjang dan lebar ruangan tersebut lalu kalikan.

Sebagai contoh, ruangan Anda berukuran 5m x 5m. Berarti, area ruangan adalah 25m² sehingga Anda membutuhkan lantai vinyl sebesar 25m². Pada umumnya, produsen atau distributor akan mencantumkan jangkauan lantai di setiap paknya. Sebaiknya Anda membeli 10% ekstra untuk alasan berjaga-jaga.

 

Lihat bahan atau komposisinya

Lantai vinyl memiliki banyak desain dengan ketebalan serta kualitas yang berbeda. Tapi pada dasarnya atau umumnya, vinyl terbuat dari polyvinyl chloride (PVC). Bahan lainnya seperti pewarna dan filler juga sering dimasukkan, tergantung dari proses produksi dan komposisi bahannya. Tipe finish-nya juga berbeda-beda, sehingga Anda harus gencar menanyakan hal ini kepada toko penjual, distributor, atau produsen.

 

Ketahui cara memasang lantai vinyl dengan benar

Cara memasang lantai ini harus melihat dari jenis/tipe dan keahlian yang dibutuhkan. Jika Anda memasang satu sheet vinyl dalam sebuah ruangan besar, maka salah potong saja akan menjadi kesalahan yang mahal. Lalu, beberapa juga membutuhkan perekat sedangkan lainnya memiliki stiker atau dalam bentuk klik seperti lantai laminate.

Namun untuk hasil yang terbaik Anda serahkan saja proses instalasi kepada para profesional. Produsen atau distributor umumnya memiliki jasa pemasangan juga seperti Selgrid. Tetapi jika Anda menyukai proyek DIY, ingat saja bahwa vinyl tile atau plank lebih mudah dipasang daripada sheet atau lembaran.

 

Tentukan di mana memasangnya

Lantai vinyl adalah jenis flooring yang tahan air dan kokoh. Anda dapat memasangnya di manapun dalam rumah Anda, termasuk dapur dan kamar mandi. Akan tetapi, tetap tidak disarankan untuk memasang vinyl di tempat yang basah.

Lantai vinyl lembaran juga sangat bagus ditempatkan pada kamar mandi yang sering digunakan karena sifatnya yang seamless. Jangan lupa untuk memilih varian yang anti selip supaya tidak terjadi kecelakaan dalam kamar mandi.

Yang jelas, Anda dapat memasang lantai vinyl pada permukaan yang mulus dan rata. Anda mungkin akan membutuhkan alas supaya bentuk lantai tidak bergelombang. Konsultasikan hal ini kepada para profesional seperti tim Selgrid untuk mendapatkan solusi yang tepat dan akurat.

 

Temukan penyedia jasa instalasi lantai yang terpercaya

Distributor atau produsen akan menawarkan jasa pemasangan lantai ketika Anda membeli dari mereka. Jika tidak ada, mereka akan merekomendasikan penyedia jasa tersebut. Selgrid adalah perusahaan yang menjual serta memasangkan lantai vinyl untuk kemudahan dan kenyamanan Anda. Untuk urusan lantai kayu, serahkan saja kepada Selgrid.