Cara Memilih Decking WPC Sesuai Kebutuhan

Admin 07 Oktober 2019

Mungkin Anda sudah mengetahui mengapa memilih decking wpc lebih menguntungkan Anda daripada dek kayu asli. Namun apakah Anda sudah mengetahui cara memilih dek komposit sesuai kebutuhan Anda?

Bagi Anda yang belum paham dengan dek komposit, dek ini terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan, plastik (PP, PE, atau PVC), dan bahan aditif lainnya. Jenis plastik yang sudah disebutkan adalah bahan yang menentukan apakah dek tersebut lebih cocok digunakan di area outdoor atau indoor.

Setelah perkenalan singkat, mari kita lihat lebih dalam mengenai cara memilih decking wpc yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

1. Lihat budget yang Anda miliki

Brand yang lebih terkenal tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal, sekitar 20 hingga 30 persen dari merek-merek yang tidak terlalu terkenal. Memang, dek dari brand tersebut tidak murah karena kualitas dan keunggulan lainnya. Akan tetapi, bahan baku semua dek komposit kurang lebih sama dengan perbedaan di ketersediaan warna dan tekstur dek. 

Sehingga, jika Anda memiliki anggaran yang sangat ketat, lebih baik Anda tidak langsung mencari decking wpc dari brand-brand luar negeri yang terkenal. Carilah produk lokal atau yang tidak terlalu terkenal agar Anda masih bisa mendapatkan dek yang diinginkan tanpa mengeluarkan banyak uang.

 

2. Perhatikan iklim tempat Anda tinggal

Apakah hunian, kantor, atau bisnis Anda berada di tempat yang cuacanya selalu cerah dengan banyak sinar matahari? Atau sebaliknya, seringkali mendung dan bersuhu rendah? Hal tersebut patut masuk pertimbangan Anda.

Gunakan dek berongga dengan warna yang terang jika Anda tinggal di tempat yang seringkali panas dan terpapar matahari, karena dek solid berwarna gelap akan cepat menyerap panas. Bila daerah tersebut sering hujan, maka gunakan dek berongga dengan celah atau rongga yang lebar. Papan dek dapat melengkung jika permukaannya menampung terlalu banyak air dan tidak segera dialirkan.

Oleh karena itu, beri informasi iklim daerah tempat Anda tinggal kepada supplier, produsen, atau distributor decking wpc yang Anda pilih agar pihak tersebut dapat membantu Anda menentukan tipe dek mana yang paling sesuai untuk Anda.

 

3. Ketahui bentuk dan tekstur dek

Banyak produsen dek membuat decking wpc berongga dengan celah berbentuk segi empat. Hal ini adalah langkah yang ekonomis karena berat papan akan berkurang cukup banyak. Tetapi pada akhirnya, dek berongga akan lebih cocok digunakan di area yang tidak terlalu ramai. Untuk area yang ramai, lebih baik Anda menggunakan dek solid atau dengan rongga yang bentuknya lingkaran.

Pilih decking wpc dengan tekstur yang tegas apabila area tersebut sering basah karena hujan atau air lainnya. Tekstur tersebut akan membuat permukaan tidak licin dan tidak menimbulkan bahaya.

 

4. Tentukan apakah Anda membutuhkan tambahan

Terkadang, menentukan bahwa Anda akan memasang decking wpc untuk teras atau kolam renang saja tidak membantu Anda mendapatkan dek yang tepat. Tambahan lainnya seperti papan dekoratif, fondasi, pengunci, dan sebagainya terkadang juga patut masuk pertimbangan. Bila Anda menginginkan dek yang terpasang dengan rapi tanpa terlihat penguncinya, maka hal tersebut akan menambah biaya yang harus Anda keluarkan sebanyak 20%. Poin ini tergantung selera Anda serta kebutuhan lainnya.

Konsultasikan kebutuhan decking wpc Anda sekarang kepada Selgrid. Untuk informasi mengenai produk dek komposit dan lantai kayu lainnya, jangan ragu untuk menghubungi tim kami.