Cara Melindungi Lantai Vinyl Agar Tetap Terlihat Cantik Bertahun-Tahun

Admin 12 November 2019

Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa lantai vinyl adalah jenis flooring yang memiliki banyak keunggulan dan cocok digunakan untuk keperluan hunian maupun komersial. Bagaimana tidak, lantai ini nyaman untuk kaki ketika kita berjalan di atasnya, namun sifatnya tetap kokoh dan dapat dipasang di area yang ramai sekalipun. 

Selain itu, seperti yang sudah Anda ketahui, lantai vinyl juga dapat memberi kesan mewah, klasik, dan estetik yang sama seperti flooring hardwood tanpa harus mengeluarkan biaya sebanyak lantai kayu tersebut. Merawat dan memeliharanya juga tidak rumit seperti kayu asli.

Tetapi, meski perawatan lantai vinyl itu mudah, menjaga flooring ini agar terlihat selalu cantik hingga bertahun-tahun lamanya bukanlah tugas yang sederhana. Anda tetap harus berhati-hati agar lantai ini dapat Anda nikmati dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Sapu dan vacuum flooring tersebut secara rutin untuk menghilangkan segala kotoran, pasir, debu, dan partikel lainnya yang mungkin terselip ketika Anda, anak-anak, atau hewan peliharaan datang dari luar. Selain itu, segera bersihkan segala hal yang sifatnya lengket atau lembek agar flooring tersebut dapat terselamatkan dari noda membandel atau permanen.

2. Lindungi lantai vinyl dari cahaya matahari di siang hari karena hal tersebut dapat memperpendek umur flooring. Selain karena paparan sinar UV terus menerus dapat membuat warna memudar, perekat juga dapat semakin tidak lengket dan akhirnya mengelupas.

3. Gunakan karpet dan keset untuk melindungi flooring vinyl dari kotoran dan debu. Hindari menggunakan permadani yang bagian belakangnya dilengkapi oleh lateks atau karet karena hal tersebut dapat merusak lantai ini.

4. Gunakan kain di bawah kaki-kaki perabotan Anda untuk melindungi lantai dari goresan dan bentuk lecet lainnya. Karena, menempatkan benda sangat berat di atas vinyl dapat menyebabkan flooring ini retak atau rusak.

Pada lantai vinyl Anda, hindari:

1. Menggunakan lilin atau obat poles yang mengandung zat pelarut karena hal tersebut dapat merusak flooring dan memperpendek umur vinyl.

2. Memakai deterjen atau pembersih yang abrasif dan keras. Bila pembersih seperti itu Anda gunakan, maka warna lantai vinyl Anda akan pudar dan terlihat kusam.

3. Menggunakan sapu yang kasar seperti sapu sikat atau berbulu kasar. Hindari memakai vacuum cleaner dengan sikat yang keras juga untuk menjaga supaya permukaan vinyl tetap halus dan tidak tergores. 

Cara untuk menghindari kerusakan?

Setelah lantai vinyl sudah selesai dipasang, tahan keinginan Anda untuk meletakkan perabotan di atas flooring sekitar 24 hingga 48 jam. Lalu, gunakan karpet, keset, dan pelindung kaki furniture seperti yang sudah disebutkan di atas untuk menghindari kerusakan permanen pada vinyl tersebut. 

Meski tidak sama merepotkan seperti merawat hardwood, Anda tetap harus memperhatikan dan menyayangi lantai vinyl agar Anda dapat menikmatinya terus menerus. Ketika Anda memelihara vinyl dengan baik, flooring ini dapat menanggung segala aktivitas dan tantangan lainnya yang terjadi di hunian atau proyek Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap memilih dan memasang lantai vinyl? Hubungi Selgrid untuk informasi lebih lanjut