Cara Melindungi Lantai Kayu Dari Cahaya Matahari Lantai kayu indonesia

Admin 26 November 2018

Negara kita memiliki musim hujan dan kemarau. Namun di beberapa daerah, musim ini tetap memberi hawa dan cuaca yang panas, dan matahari masih selalu menyinari. Bagi beberapa orang, hal ini tidak menjadi masalah, bahkan menguntungkan. Sayangnya, bagi para pemilik rumah dengan lantai kayu Indonesia, hal ini merugikan. 
 
Akan tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir. Terik matahari memang terdengar menakutkan, namun merawat lantai kayu bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan beberapa langkah simpel saja, Anda dapat mempertahankan warna lantai kayu rumah/ruangan Anda.
 
 

Nyalakan AC

Menyalakan pendingin atau AC adalah salah satu cara yang paling baik untuk menjaga suhu ruangan atau hunian Anda tetap sejuk serta menghilangkan segala bentuk kelembapan di udara. Selain membuat hari-hari Anda tetap nyaman dan dingin, lantai kayu Indonesia juga akan merasakan manfaatnya.
 
Untuk menjaga rupa lantai kayu (terutama yang masih mengandung elemen kayu), jaga kelembapan ruangan di sekitar 40% hingga 60%. Jika tidak, kayu tersebut akan menyerap uap air dalam udara dan semakin menambah ketidaksempurnaan flooring Anda.
 
 

Pasang kanopi atau tirai

Mungkin style rumah/proyek Anda sama sekali tidak ada elemen kanopi, dan ketika Anda harus memasangnya, hal ini dapat terasa berat. Namun Anda juga harus memikirkan dampak buruk matahari dan sinar UV pada lantai kayu. Tentunya warna lantai yang memudar akan membuat nilai jual semakin sedikit, bukan?
 
Jika Anda ingin flooring memiliki warna yang tahan lama, maka kanopi patut dimasukkan pertimbangan. Pasang aksesoris ini di bagian yang sering terkena sinar matahari. Bila berkenan, Anda bisa juga memasang gorden atau tirai, namun tidak terkena matahari sama sekali juga bukanlah solusi yang bijak.
 
Sehingga, kanopi mungkin menjadi pilihan yang paling baik. Anda masih bisa merasakan pencahayaan alami, namun tidak sekuat biasanya dan hal ini tidak akan merusak lantai kayu Indonesia.
 

Pindahkan perabotan

Memang ada saatnya ketika warna lantai kayu akan sedikit memudar meskipun kita sudah berusaha mencegahnya. Yang bisa Anda lakukan untuk semakin mengurangi hal ini adalah dengan memindahkan perabotan secara rutin supaya warna lantai tidak akan belang (akibat furnitur).
 
Dengan ini, Anda akan semakin memperpanjang warna lantai kayu tersebut. Pastikan bahwa Anda memberi perlindungan ekstra di bawah perabotan seperti kain flanel agar flooring tidak tergores.
 
Tips di atas akan membantu menjaga warna dan rupa lantai kayu Indonesia yang berada di hunian atau proyek Anda. Meski matahari adalah “musuh” utama flooring kayu, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan dampaknya. Memindahkan perabotan dan menyalakan AC sudah cukup efektif untuk memelihara.
 
Apabila Anda masih memiliki pertanyaan atau tertarik untuk membeli produk-produk Selgrid, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga. Kami selalu menyediakan lantai kayu Indonesia yang berkualitas dan tahan lama untuk kebutuhan hunian atau proyek Anda namun dengan harga yang kompetitif.