Beberapa Pertanyaan dan Jawaban Umum Mengenai Lantai Vinyl

Admin 03 September 2019

Lantai vinyl merupakan pilihan flooring yang sangat populer oleh karena banyak faktor. Namun tidak banyak yang benar-benar mengenal lantai ini. Beberapa pertanyaan dan jawaban berikut akan membuat Anda mengenal flooring ini.

Apa yang dimaksud dengan vinyl fiberglass reinforced?

Ketika flooring ini dilengkapi fiberglass dan menjadikannya semakin kokoh. Hal ini akan menjadikan proses instalasi semakin mudah (baik menggunakan sistem kunci atau tempel) dan lantai yang akan Anda nikmati akan lebih tahan lama juga. Selain itu, vinyl fiberglass juga memberikan perlindungan ekstra terhadap kelembapan, penyusutan, dan kerusakan.

Apakah vinyl bisa digunakan untuk outdoor?

Antara iya dan tidak. Anda bisa memasang lantai vinyl di tempat seperti teras dan area untuk menjemur baju misalnya. Namun area tersebut masih harus tetap tertutup karena Anda harus bisa mengatur panas dan dinginnya area tersebut. 

Vinyl memang 100% tahan air, namun Anda harus tetap memperhatikan suhu. Ketika lantai tersebut terpapar oleh suhu yang terlalu ekstrem, maka papan-papan atau lembaran vinyl dapat retak, mengembung, dan rusak seperti laminate. Jadi, Anda memang bisa menempatkan vinyl di ruangan terbuka, namun Anda tetap harus bisa mengatur suhu sekitar flooring.

Apakah vinyl bersifat anti selip?

Pada umumnya, jawaban dari pertanyaan ini adalah iya. Vinyl memiliki lapisan akhir yang biasanya terbuat dari resin dan lapisan tersebut memiliki tekstur sehingga tiap papan dilengkapi dengan anti selip yang tahan lama. Memang, ketika berjalan di atasnya akan terasa seperti berjalan di atas lantai karet, namun hal ini cocok untuk tempat-tempat yang sibuk seperti area komersial, kantor, atau ruang keluarga.

Apakah AC rating dapat ditemukan pada vinyl?

AC Rating adalah lapisan yang diberikan kepada flooring supaya lantai tersebut dapat melalui serangkaian ujian yang ketat. Test tersebut mencakup uji abrasi, ketahanan terhadap api, tekanan, cairan atau noda, serta kelembapan.

Lantai vinyl tradisional tidak memiliki lapisan ini. Namun ada hal lain yang digunakan untuk mengukur ketahanan flooring ini, yaitu wear layer. Tingkatnya dimulai dari 0.10mm hingga 0.5mm. Mirip seperti AC Rating pada laminate, wear layer adalah lapisan tambahan yang diberikan pada papan vinyl untuk menambahkan ketahanan dan perlindungan terhadap goresan dan noda.

Sebaliknya, vinyl modern yang diproduksi dengan teknologi mutakhir memiliki peringkat ini. Sudah tidak jarang produsen lantai ini yang memadukan teknologi laminate dengan vinyl untuk menciptakan flooring yang tahan air namun memiliki lapisan AC Rating tersebut. Lapisan ini dapat mencegah noda permanen, pemudaran warna oleh karena sinar UV, pembengkokan lantai, dan juga goresan.

Apakah saya bisa memasang laminate di atas vinyl?

Mungkin vinyl Anda sudah tidak sedap dipandang atau Anda menginginkan perubahan sehingga Anda berpikir untuk memasang laminate. Kabar baiknya adalah, ya, Anda bisa melakukan hal ini. Kabar buruknya, Anda harus melihat apakah vinyl tersebut memiliki kerusakan atau permukaan yang tidak rata.

Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah melihat apakah lantai vinyl tersebut bebas dari segala segala puing-puing, pecahan, atau benda-benda lain yang dapat mengganggu laminate Anda. Sehingga, pastikan bahwa vinyl tersebut sangat rata tanpa ada benda apapun supaya proses pemasangan laminate bisa berjalan dengan lancar dan Anda bisa menikmati lantai baru.

Masih memiliki pertanyaan? Untuk informasi lebih lengkap mengenai lantai vinyl serta produk-produk vinyl dari Selgrid, segera hubungi tim kami!