Beberapa Jenis Lantai Kayu Indonesia Asli

Admin 20 Agustus 2018

Negara kita memiliki banyak pohon, dan tiap jenisnya memiliki keunikan serta ciri-cirinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang sering dijadikan lantai kayu Indonesia beserta kelebihan dan kekurangannya.

 

Kayu Jati

Anda pasti sudah menemukan segala furnitur seperti meja, pintu dan juga lantai dari kayu ini. Jati adalah kayu yang sangat digandrungi dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena reputasinya yang bagus. Bila Anda mencari standar lantai kayu Indonesia berkualitas? Banyak orang pasti akan langsung menjawab jati.

Asal usul kayu jati yang sudah mendarah daging di negara kita masih belum pasti. Ada yang menyatakan bahwa jati dikenalkan oleh orang-orang hindu dari India pada akhir zaman hindu. Hipotesa lain menyatakan bahwa pohon jati memang asli dari pulau Jawa. Lainnya menyatakan bahwa jati dibawa ke Indonesia oleh Belanda. Meski tidak jelas asal usulnya, kayu ini tetaplah pilihan utama orang Indonesia sejak dahulu kala.

Dengan warnanya yang coklat dengan urat coklat gelap, kayu jati termasuk dalam golongan kayu kuat kelas satu. Minyak di dalam kayu ini juga menjadikannya tahan serangan rayap secara alami. Selain itu, pori-porinya kecil sehingga Anda akan mendapatkan hasil finish yang halus.

Dalam hunian, kayu ini umumnya diletakkan indoor dalam bentuk parket dan plank serta digunakan sebagai papan tangga kayu. JIka Anda menyukai kesan rustic, maka kayu jati bekas adalah pilihan yang tepat.

 

Kayu Ulin

Tidak kalah dari jati, kayu ulin adalah jenis yang juga kuat dan tingkat kekerasannya tinggi. Kayu ini juga dalam golongan kayu kuat kelas satu. Bahkan, ulin sering disebut sebagai kayu besi oleh karena karakteristiknya yang kokoh.

Banyak tumbuh di Pulau Kalimantan dan Sulawesi, kayu ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jembatan, konstruksi, dan kapal laut. Sedangkan untuk lantai kayu Indonesia, Anda sering menjumpai ulin dalam bentuk decking.

 

Kayu Merbau

Meskipun tidak sepopuler jati, tetapi kekuatan dan ketahanannya sama persis. Sama seperti kayu ulin, lantai kayu Indonesia merbau juga digunakan sebagai bahan dasar konstruksi dan juga disebut kayu besi. Bila digunakan sebagai lantai, Anda dapat menemukan merbau sebagai papan lantai kayu atau parket, decking, dan juga papan tangga.

Warnanya coklat abu gelap atau merah coklat gelap dengan urat yang sedikit lurus. Oleh karena kualitas dan kekokohannya yang sama dengan jati, harga kayu merbau juga bersaing dengan jati. Yang membedakan keduanya adalah saat pengerjaan. Kayu ini tidak mudah untuk dibubut dan dipaku oleh karena seratnya yang pendek, namun finishingnya tetap bagus.

 

Kayu Bengkirai

Bengkirai adalah jenis lantai kayu Indonesia yang kuat dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi juga. Biasa dikenal sebagai Yellow Ballaw, kayu ini seringkali digunakan sebagai decking oleh karena kekuatan serta ketahanannya akan panas matahari dan hujan, sehingga cocok sekali untuk dipasang outdoor.

Jika Anda menyukai jenis-jenis kayu yang sudah disebutkan, Anda bisa mendapatkan corak serupa dengan harga yang lebih terjangkau dengan varian lantai kayu Indonesia dari Selgrid. Untuk urusan lantai kayu berkualitas, jangan ragu untuk menyerahkannya kepada kami.