Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum dan Sesudah Memasang Lantai Vinyl

Admin 12 Juni 2019

Anda sedang memikirkan untuk mengganti flooring rumah, properti, atau bisnis Anda? Bila iya, ketahui bahwa pemasangan lantai yang tepat dan merawatnya setelah instalasi selesai adalah hal yang penting supaya flooring dapat bertahan lama. 

Proses instalasi bisa Anda serahkan pada orang-orang profesional. Namun untuk perawatannya, Anda yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Berikut ini adalah cara merawat lantai vinyl yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memasangnya. 

Lantai vinyl

Flooring ini sangat terkenal karena sifatnya yang tahan lama, mudah dirawat, terjangkau, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda mencari alternatif dari lantai mewah dengan harga murah, lantai inilah yang harus Anda cari. Vinyl tersedia dengan berbagai bentuk, ukuran, ketebalan, finish yang bisa Anda pilih. 

Meskipun memiliki banyak sekali keunggulan, lantai vinyl tetap membutuhkan pemasangan yang tepat serta perawatan yang baik seperti halnya jenis flooring yang lain. Karena jika tidak, umur dan ketahanan flooring tersebut akan makin pendek. Karena itu, ketika memasang vinyl, lebih baik Anda tidak terburu-buru dan tetap merawatnya dengan baik ketika sudah terpasang. 

Sebelum pemasangan

Sebelum menginstalasi lantai vinyl, pastikan bahwa Anda membersihkan semua ruangan yang ingin Anda pasangi secara menyeluruh. Pindahkan segala perabotan dan benda-benda yang berpotensi mengganggu proses pemasangan. 

Hati-hati dalam memindahkan semua barang supaya Anda tidak merusak perabotan Anda sendiri. Selain itu, pastikan bahwa ruangan yang ingin Anda pasangi lantai vinyl benar-benar kering, bersih, rata, dan kokoh. Karena jika tidak, flooring tersebut bisa mencuat dan tidak terlihat cantik ketika sudah selesai dipasang. 

Sesudah dipasang

Saat flooring baru Anda sudah selesai dipasang, saatnya Anda menikmati lantai baru tersebut. Tentunya, Anda masih harus memberinya beberapa perawatan supaya Anda dapat menikmatinya dalam jangka waktu yang lama. 

Meskipun tidak merepotkan seperti lantai kayu asli, Anda disarankan untuk tetap memberikan lantai vinyl perawatan yang sesuai. Misalnya, membersihkan segala tumpahan secepatnya dan tidak membiarkan segala jenis genangan cairan di atas flooring tersebut terlalu lama. Lalu, hindari menyeret perabotan dan benda berat karena hal tersebut dapat merusak lantai ini. 

Singkat kata, asalkan Anda tetap menyayangi dan berhati-hati, Anda tidak akan menemukan masalah apapun dan lantai ini dapat Anda nikmati hingga bertahun-tahun yang akan datang tanpa masalah. 

Tidak hanya lantai vinyl saja, sebetulnya segala jenis flooring lainnya seperti ubin, laminate, batu, kayu asli, dan lainnya yang ingin Anda pasang di hunian atau bisnis Anda membutuhkan persiapan serta perawatan yang baik. 

Bila Anda mengerti bagaimana flooring yang Anda pilih dipasang dan cara merawat atau memeliharanya dengan benar dengan teknik serta peralatan yang sesuai, Anda pasti dapat menggunakan lantai tersebut dalam waktu yang lama. 

Intinya, dengan persiapan dan perawatan yang baik, lantai akan tahan lama. Sebaliknya, dengan persiapan dan perawatan yang tidak baik, Anda akan mengganti flooring tersebut dalam waktu singkat. 

Memiliki pertanyaan seputar lantai vinyl dan produk-produk Selgrid lainnya? Tim kami akan dengan senang hati melayani Anda. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga!