Bagaimana Proses Pembuatan Lantai Vinyl?

Admin 15 Mei 2019

Lantai vinyl sudah menjadi pilihan flooring yang paling umum dan tidak sepi peminat oleh karena keunggulan serta harganya yang ramah di kantong. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana lantai ini dibuat?

Vinyl adalah produk yang dibuat dari plastik polyvinyl chloride (PVC) dan bahan tambahan lainnya seperti pewarna, pengatur keseimbangan, plasticizer, dan pengisi. Plasticizer gunanya untuk menghaluskan vinyl dan menambah kelenturan, pengatur keseimbangan berguna untuk mengurangi pemudaran warna oleh karena panas dan sinar matahari.

Pewarna tentunya untuk memberi vinyl tersebut warna, sedangkan bahan pengisi berguna untuk membantu plastik pvc supaya dapat diproduksi dengan baik dan mendapatkan warna yang diinginkan. Beberapa produsen juga menambahkan bahan anti bakteri agar tidak ada jamur dan bakteri lain yang mungkin bersarang di lantai.

Sebenarnya tidak ada resep pokok untuk membuat lantai ini karena flooring ini dapat diproduksi dengan menggunakan proses dan komposisi bahan yang berbeda. Hasil akhirnya juga akan berbeda sesuai penggunaan.

Bagaimana proses pembuatannya?

Plastik dan bahan-bahan aditif yang sudah disebutkan tadi akan dicampur menjadi bahan membuat vinyl yang berbentuk seperti pellet atau butiran plastik. Setelah itu, campuran tersebut diberi panas dan tekanan sehingga meleleh dan berbentuk seperti adonan.

Pada tahap ini, campuran yang akan menjadi lantai vinyl roll atau lembaran akan diletakkan pada bahan pendukung lainnya, sedangkan campuran yang akan menjadi papan atau ubin akan dibentuk seperti lembaran. Segala tekstur flooring yang diinginkan akan dibentuk pada tahap ini juga, lalu lembaran vinyl tersebut masuk mesin pemotong dan dipotong sesuai kebutuhan.

Setelah proses produksi tersebut, lantai vinyl sudah dapat dijualkan. Secara umum, terdapat empat jenis flooring vinyl yang dapat Anda pilih.

Roll vinyl

Lantai ini berbentuk seperti karpet dan merupakan pilihan yang paling menghemat waktu karena Anda hanya perlu menempelkannya. Anda hanya perlu mengukur ruangan, ukuran vinyl roll, lalu memasangnya.

Ubin vinyl

Seperti ubin pada umumnya, vinyl ini berbentuk kotak sehingga Anda bisa mendapatkan bentuk dan rupa yang mulus. Biasanya vinyl ubin digunakan untuk mendapatkan lantai yang menyerupai flooring batu alam dan marmer. Memasangnya juga mudah, Anda hanya perlu menempelkannya saja.

Papan vinyl

Jenis inilah yang sangat menyerupai lantai kayu asli. Anda bisa memasang lantai vinyl ini pada kamar mandi, ruang laundry, dan manapun yang lembab. Ukuran dan ketebalannya bervariasi, dan proses pemasangannya tergantung jenis yang Anda pilih.

Luxury vinyl

Lantai vinyl yang satu ini ada dua jenis, yaitu LVT (tile/ubin) dan LVP (plank/papan). Jenis ini disebut luxury oleh karena bentuk dan rupanya yang sangat amat mirip dengan lantai kayu asli, lebih dari vinyl biasa.

Bagaimana supaya saya bisa tahu lantai vinyl mana yang paling pas untuk saya?

Yang harus Anda perhatikan ketika memilih flooring vinyl adalah ruangan mana yang ingin Anda pasangkan, budget, dan gaya hidup. Apakah Anda memiliki binatang peliharaan atau anak-anak kecil? Apakah Anda akan memasangnya sendiri atau membutuhkan bantuan profesional?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu Anda menentukan segalanya. Namun, apabila Anda masih tidak yakin, Anda bisa mengandalkan layanan dari Selgrid. Tidak perlu khawatir atau bingung lagi, kami akan membantu Anda dengan senang hati.