Apakah Lantai Kayu Vinyl Cocok Digunakan Untuk Properti yang Disewakan?

Admin 21 November 2019

Pada dasarnya, properti yang disewakan tidak jauh berbeda dari area residensial. Sehingga, tidak ada vinyl khusus untuk jenis properti ini. Bila Anda menyewakan properti khusus untuk keperluan komersial, maka Anda bisa memilih lantai kayu vinyl yang memiliki lapisan pelindung di atas 0.5 mm. 

Semakin tebal lapisan pelindung vinyl, maka semakin tahan lama flooring tersebut dan Anda serta calon penyewa akan lebih menghemat biaya dalam jangka panjang. Ketebalan vinyl itu sendiri bukan berarti lantai kayu tersebut akan jauh lebih tahan lama, karena hal tersebut hanya memberikan stabilitas yang lebih baik dibandingkan vinyl yang tipis.

Jadi jawabannya, tentu saja Anda bisa memasang lantai kayu vinyl pada properti apa saja. Hanya, perhatikan ketebalan lapisan pelindungnya sesuai keperluan dan kebutuhan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan vinyl yang dapat membantu Anda mempertimbangkan pilihan.

Kelebihan

  1. Vinyl adalah flooring yang tahan air. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan penyewa properti yang menumpahkan banyak cairan. Ingatkan mereka bahwa ketika ada yang tertumpah maka mereka harus mengeringkannya dalam waktu yang cepat, karena cairan mungkin saja dapat merembes ke celah yang ada dan dapat merusak perekat.
  2. Sifatnya tidak licin, sehingga untuk keperluan komersial yang sering membutuhkan mobilitas, maka flooring ini sangat cocok. Vinyl adalah lantai kayu yang dapat mengurangi tingkat kecelakaan akibat lantai licin.
  3. Beberapa vinyl tahan akan sinar UV. Sehingga, Anda tidak perlu repot memberi tirai pada jendela supaya flooring tersebut tahan lama. Namun untuk memperpanjang estetika, Anda bisa menyarankan penyewa untuk melindungi lantai dengan karpet dan semacamnya.

Kekurangan

  1. Lantai ini bersuara keras. Apabila Anda tidak memasang padding atau subfloor yang bisa meredam suara, maka flooring ini dapat mengeluarkan suara yang keras. Sehingga, properti ini mungkin tidak sesuai bagi calon penyewa yang lebih memilih hunian yang tenang atau area komersial yang membutuhkan ketenangan.
  2. Flooring ini sifatnya tipis. Berbeda dengan hardwood atau laminate, lantai kayu ini cenderung tipis dan mungkin tidak cukup kuat untuk kebutuhan calon penyewa Anda. Solusinya adalah memasang vinyl wpc dengan ketebalan lebih dari 5mm.
  3. Vinyl mudah rusak bila tidak diperhatikan dengan baik. Dengan segala keunggulannya, lantai kayu ini masih memiliki kelemahan, yaitu benda yang sifatnya tajam. Gunting, pisau, dan tekanan dari sepatu hak tinggi dapat merusak flooring ini. Namun perlu diingat bahwa semua flooring juga memiliki kelemahannya sendiri-sendiri.

Apabila Anda masih kurang nyaman dengan lantai kayu vinyl, maka Selgrid juga dapat menyediakan Anda lantai laminate yang juga sangat sesuai untuk keperluan ini. Bedanya, laminate memiliki flooring khusus untuk properti yang digunakan sebagai hunian dan komersial. 

Untuk keperluan residensial, sebaiknya Anda menggunakan laminate dengan rating AC3 atau setara. Sedangkan untuk area komersial, sebaiknya Anda menggunakan lantai kayu ini dengan rating AC4 atau AC5. 

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan seputar lantai kayu yang dapat kami sediakan untuk properti Anda? Hubungi tim kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.