Apakah Lantai Kayu Parket Sesuai Dengan Kebutuhan dan Keinginan Anda?

Admin 19 Desember 2019

Parket adalah lantai kayu yang selalu terlihat up-to-date, cantik, dan dapat memberikan karakter pada suatu ruangan agar tidak terlihat membosankan. Terkadang ketika kita melihat flooring ini di media sosial dan internet, kita akan langsung terpesona dan ingin memiliki lantai dengan desain ini. 

Pada awalnya, lantai kayu parket dianggap sebagai suatu hal yang mewah dan hanya dimiliki orang-orang elit saja. Namun dengan adanya teknologi yang memproduksi laminate dan kayu tiruan lainnya, Anda bisa memasang flooring ini untuk proyek manapun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Terdapat 3 pola parket tradisional yang seringkali kita jumpai, yaitu herringbone, chevron, dan square basket. Sebenarnya masih ada pola lainnya yang dapat Anda pasang, seperti basket weave, mosaic, chantilly, dan stack bond. Variasi pattern ini dapat Anda gunakan sesuai selera dan kebutuhan.

Dari segi desain, lantai kayu parket sangat pas untuk dipasang di ruangan dengan gaya skandinavia. Dengan perabotan dan dekorasi yang minimalis, flooring ini akan terlihat paling mencolok dan menarik perhatian siapapun. Bila Anda menggunakan herringbone, sebaiknya Anda pasangkan dengan warna-warna netral atau tanaman hijau agar ruangan makin terlihat cantik.

Oleh karena polanya, herringbone juga akan membuat ruangan yang kecil terlihat lebih luas. Sehingga jika Anda memiliki area yang sempit, memasang lantai kayu parket pola ini akan membuat mata kita terfokuskan pada flooring dan pada akhirnya melupakan kesempitan itu tadi.

Sedangkan, pola chevron akan lebih terlihat sesuai pada area dan ruangan yang lebih luas atau lebar. Dengan flooring ini, Anda bisa memberikan desain interior serta furniture yang lebih unik dan kontemporer, tidak seperti herringbone yang lebih terlihat estetik ketika menggunakan tema minimalis.

Selain memberikan keindahan pada hunian, kantor, area komersial, dan ruangan lainnya, salah satu kelebihan lantai kayu parket laminate adalah kemampuannya menahan kelembapan. Memang, laminate dapat mengembung dan rusak karena air dan cairanberlebih lainnya yang tidak segera dikeringkan, namun untuk area yang cenderung lembab, flooring ini masih dapat Anda percaya. 

Jadi jika Anda ingin memasang parket pada dapur atau ruangan tertutup dan kedap suara, Anda tidak perlu khawatir. Namun sebaiknya Anda tidak memasang flooring ini pada area yang selalu basah seperti kamar mandi. Untuk area yang basah, Anda bisa menggunakan lantai kayu vinyl yang tahan air sepenuhnya.

Dengan lantai kayu parket laminate, pilihan desain, tipe kayu, ketebalan wear layer yang tersedia juga sangat bervariasi. Kayu pohon ek adalah pilihan yang populer dan akan terlihat cantik pada dapur. Warna yang lebih terang seperti maple akan membuat ruang makan Anda terlihat lebih hidup, dan warna kayu keabu-abuan akan membuat ruang tidur semakin nyaman dan estetik.

Parket laminate membuat Anda tidak terbatas pada satu jenis pilihan saja dan bisa bereksperimen dengan kreativitas dan ide Anda. Apapun lantai kayu parket dengan jenis dan pola yang ingin Anda pasang, Selgrid dapat membantu Anda merealisasikan ide tersebut. 

Bila Anda masih memiliki pertanyaan atau menginginkan informasi lebih lanjut mengenai lantai kayu parket dan produk lainnya dari Selgrid, hubungi tim kami sekarang juga!