Apa yang Harus Dilakukan Ketika Lantai Kayu Berderit atau Berbunyi?

Admin 13 Februari 2020

Lantai kayu yang berderit adalah salah satu hal yang dapat menjadi masalah selain karena mengganggu ketenangan dan dapat membuat Anda frustasi. Umumnya, keadaan ini disebabkan oleh papan flooring yang menyusut. Ketika Anda berjalan di atasnya, papan tersebut saling bergeser. Penyebab lainnya adalah subfloor yang kendur sehingga lantai berbunyi.

Hardwood atau lantai kayu asli sudah pasti akan mengalami hal ini, tetapi sebenarnya semua jenis flooring kayu (asli dan buatan) dapat berbunyi juga, termasuk laminate (atau parket yang terbuat dari bahan ini). Berikut ini adalah penyebab laminate yang berderit.

Subfloor yang tidak rata

Seperti yang sudah disebutkan di atas, subfloor yang bermasalah seperti kendur atau tidak rata dapat menyebabkan flooring berbunyi. Oleh karena itu, ketika Anda dalam proses instalasi flooring, perhatikan apakah lantai sebelumnya juga berderit. 

Bila Anda baru saja memasang lantai kayu laminate dan flooring tersebut berbunyi, kemungkinan subfloor adalah penyebabnya (bila Anda menggunakannya). Jika Anda tidak menggunakan subfloor atau bunyi tersebut tidak ada sebelumnya, maka penyebabnya bisa jadi instalasi yang tidak tepat.

Instalasi yang salah

Semua jenis flooring dapat melebar dan menyusut, meskipun lantai itu tidak terbuat dari bahan alami seperti kayu asli. Lantai kayu laminate juga dapat mengembang, tidak sebanyak solid wood atau engineered wood memang, dan hal ini dapat menyebabkan masalah juga bila cara pemasangannya tidak hati-hati. 

Sebagian besar produsen lantai kayu laminate menyarankan untuk menyisihkan jarak kurang lebih 10mm panjangnya untuk ruang gerak. Lalu, flooring ini juga semestinya dibiarkan selama kurang lebih 48 jam untuk proses aklimatisasi sebelum pemasangan papan dimulai.

Jika tidak ada ruang untuk mengembang dan menyusut, maka papan lantai kayu laminate akan saling bergeser atau menekan dinding, kusen pintu, dan lainnya. Sehingga, ketika terdapat tekanan (saat Anda memijak atau berjalan di atasnya) lantai tersebut dapat berubah tempat dan menimbulkan bunyi berdecit atau berderit. 

Selain itu, kelembapan berlebih juga dapat membuat lantai kayu ini berbunyi atau malah memperparah keadaan ini, ketika ditambahkan dengan pemasangan yang tidak tepat. Memang, laminate adalah flooring yang dirancang untuk bisa tahan terhadap air. Namun ketika terdapat banyak sekali kelembapan, tumpahan air, atau kebocoran, lantai ini akan terkena dampak buruknya. 

Meski flooring buatan, laminate adalah lantai kayu yang masih memiliki elemen alami tersebut, dan segala hal yang terbuat dari kayu akan mengembung ketika basah.

Solusi

Bila subfloor adalah penyebab utama lantai laminate yang berderit, maka Anda harus mengangkat flooring dan membereskan masalah pada subfloor itu. Kontraktor lantai kayu yang berpengalaman dapat melihat sumber serta menyelesaikan masalah ini dengan baik dan profesional. 

Lantai kayu laminate yang berkualitas seperti produksi Selgrid tidak akan terpengaruh ketika diangkat supaya dapat dibenarkan, namun ketika kualitas laminate tersebut tidak baik, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah flooring ini. 

Jadi, pastikan Anda mendapatkan lantai kayu terbaik dari produsen dan distributor terpercaya seperti Selgrid dan memasangnya menggunakan jasa kontraktor yang berkualitas. Dengan ini, Anda bisa menikmati flooring dalam waktu yang lama tanpa masalah. 

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan lantai kayu dengan kualitas terbaik.