Ada Sisa Papan WPC Decking? Gunakan Untuk Hal Lain

Admin 02 Januari 2019

Ceritanya, Anda baru saja membeli dan memasang wpc decking, dan ternyata terdapat sisa papan dek tersebut. Bila Anda tidak ingin membuangnya, lalu apa yang harus Anda lakukan supaya Anda bisa menggunakannya kembali? Berikut ini beberapa ide untuk memanfaatkan sisa dek.

Salah satu hal terbaik untuk mengubah sisa wpc decking menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat adalah menjadikannya sebagai bungkus pot tanaman cantik. Tidak disarankan untuk menanam tanaman Anda langsung pada papan dek, karena hal ini dapat membuat dek tersebut menyerap terlalu banyak kelembapan.

Jika Anda ingin menanamnya langsung, maka Anda harus memberi lapisan terlebih dahulu supaya tidak kelembapan tidak merembes ke dek. Supaya tidak merepotkan Anda, lebih baik Anda memastikan bahwa tanaman tersebut sudah memiliki pot sendiri, lalu Anda bisa membuat bungkus/kotak tanaman cantik menggunakan sisa papan dek komposit.

Alternatif lainnya yang dapat Anda buat menggunakan sisa dek komposit adalah membuat kotak penyimpanan, misalnya kotak untuk menyimpan peralatan berkebun, peralatan untuk mobil Anda, peralatan outdoor restoran, dan sebagainya. Bila memiliki sisa banyak, Anda juga dapat membuat tempat duduk tambahan yang juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Tidak memiliki banyak sisa? Tak masalah. Anda masih bisa membuat kotak/bungkus tanaman bentuk kecil untuk tanaman mungil dalam rumah atau untuk tanaman hiasan palsu. Anda juga bisa memotong lalu menggunakannya sebagai coaster tebal untuk digunakan di luar. Meski tebal, Anda memastikan bahwa tidak ada yang akan meletakkan minuman panas pada wpc decking Anda yang baru.

Menjadikan sisa dek sebagai fitur rumah atau area komersial juga ide lain yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan sisa papan wpc decking. Anda dapat membuat sebuah lubang atau saluran yang diisi dengan pasir atau bebatuan supaya area outdoor Anda bisa jadi lebih estetik dan berkarakter.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sisa papan sebagai pembatas, terutama jika warna dek tersebut berbeda. Anda bisa menggunakan warna dek yang berbeda sebagai pembatas area outdoor dan indoor atau juga sebagai jembatan antara warna atap/batu bata dan dek itu sendiri.

Potongan-potongan kecil juga dapat Anda gunakan untuk menutupi atau menyembunyikan saluran drainase di luar yang dapat membuat hunian/bangunan Anda terlihat kurang indah. Selain saluran pembuangan, Anda juga dapat menyembunyikan hal-hal lainnya di area luar.

Apabila Anda masih belum dapat menemukan ide-ide yang kurang sesuai, tentunya Anda dapat mengandalkan internet kapan saja dan mencari segudang alternatif di situs-situs DIY. Pasti Anda akan memiliki lebih banyak ide untuk mempergunakan sisa papan wpc decking.

Jangan ragu untuk menunjukkan hasil kreasi sisa papan wpc decking Anda kepada kami dengan cara mengirimkan email. Jika Anda menginginkan informasi lebih mengenai dek komposit dari Selgrid, hubungi tim kami sekarang juga. Alamat email dan nomor telepon kami selalu siap tersedia pada halaman kontak.