5 Tren Lantai Laminate yang Akan Datang Tahun 2020

Admin 04 November 2019

Penghujung tahun sudah semakin dekat. Apakah Anda memiliki rencana untuk merombak atau merenovasi flooring di tahun 2020? Jika iya, maka Anda harus mengetahui beberapa tren lantai kayu Jakarta yang akan datang tahun depan. 

1. Lantai batu laminate

Sekarang, hardwood bukanlah satu-satunya hal yang bisa ditiru oleh laminate. Sebelumnya, flooring ini sangat identik dengan kayu atau efek kayu saja dan tidak ada pilihan lainnya. Akan tetapi, agar bisa bersaing dengan vinyl luxury dan ubin keramik yang seringkali menjadi alternatif flooring batu alam, produsen laminate akhirnya menciptakan produk ini. 

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah, karena jenis laminate ini masih tergolong baru, maka tingkat kemiripannya dengan yang asli masih kalah dibandingkan vinyl dan ubin keramik. Jadi, jika Anda menginginkan alternatif yang terlihat semirip mungkin dengan aslinya, pilihan ini masih belum cocok untuk Anda.

2. Laminate dengan efek hand-scraped

Flooring kayu asli yang menggunakan style ini cenderung memiliki harga yang mahal oleh karena keahlian yang harus dimiliki tukang kayu atau mesin khusus yang membuatnya. Teknik ini membuat kayu terlihat sangat unik, berbeda, rustic, dan menambah karakter sebuah ruangan. Selain itu, pola tiap papan kayu yang berbeda juga akan menambah kesan mewah dan eksklusif.

Tentunya, Anda tidak perlu khawatir akan harga flooring yang mahal juga, karena Anda juga sudah memahami bahwa laminate adalah alternatif yang lebih ekonomis. Tidak hanya akan menjadi tren di tahun 2020 saja, flooring ini juga akan tetap terlihat indah, unik, dan mewah hingga akhir waktu. 

Pastikan Anda memilih laminate dengan pilihan yang banyak dan berkualitas seperti rangkaian lantai kayu Jakarta dari Selgrid.

3. Efek reclaimed wood pada laminate

Pada dasarnya, reclaimed wood adalah lantai yang bahannya menggunakan kayu bekas yang diolah kembali. Banyak sekali yang memilih flooring ini oleh karena ramah lingkungan, harga yang lebih terjangkau dibandingkan hardwood baru, kesan klasik, serta keunikan tiap papan kayunya yang umumnya tidak sama satu sama lain dalam segi warna dan urat kayu. 

Tentu saja, laminate dengan efek ini tidak akan terasa sama dengan reclaimed wood asli karena laminate bukanlah produk olahan dari yang bekas dan produksinya menggunakan beberapa bahan sintetik. Tetapi, jika Anda menginginkan kesan yang serupa dengan harga yang jauh lebih murah dan perawatan yang tidak merepotkan, tentu saja laminate adalah pilihan yang bijak.

4. Papan yang dipasang secara diagonal

Memiliki flooring kayu memang memiliki kesan spesialnya tersendiri. Namun jika Anda ingin menambah keunikan pada ruangan, Anda bisa memasangnya secara diagonal. Hal ini akan membuat ruang tersebut terasa sangat modern, cantik, dan terlihat mewah.

Memang, dengan cara instalasi yang tidak biasa, Anda akan mengeluarkan lebih banyak biaya. Kontraktor akan bekerja sedikit lebih banyak dan Anda mungkin juga harus membeli lebih banyak papan laminate. Umumnya, penyedia lantai kayu Jakarta yang berkualitas seperti Selgrid dapat membantu melancarkan proses pemasangan flooring.

5. Laminate dengan papan yang lebar

Ketika Anda menggunakan papan laminate yang lebar dan/atau panjang, maka sebuah ruangan akan terlihat lebih luas, terbuka, dan tidak terasa ramai. Sehingga, tipe laminate ini sangat sesuai dipasang pada ruang kantor, ruang keluarga, ruang makan, dan tempat yang memiliki banyak perabotan atau cenderung ramai.

Tren ini akan tetap terlihat cantik hingga bertahun-tahun mendatang. Bahkan, beberapa pengamat berkata bahwa papan laminate yang kecil dan pendek akan terlihat ketinggalan jaman dalam waktu yang tidak lama. Lalu, ada tren lain yang malah menggabungkan papan lebar dan kecil dalam waktu bersamaan untuk menambah keunikan dan kesan seni.

Menurut Anda, tren mana yang paling menarik dan ingin Anda gunakan di tahun 2020? Apapun pilihan Anda, pilihlah produsen atau perusahaan yang menyediakan lantai kayu Jakarta yang berkualitas seperti Selgrid. Untuk informasi lebih lanjut mengenai laminate dari kami, hubungi tim kami sekarang juga!