5 Pertanyaan yang Harus Anda Tanyakan Kepada Kontraktor Pemasang Lantai

Admin 11 September 2019

Sebagai penyedia dan produsen flooring yang berpengalaman, Selgrid paham bahwa merenovasi lantai adalah proses yang tidak mudah. Supaya proses persiapan Anda lebih matang, beberapa pertanyaan berikut bisa Anda tanyakan kepada kontraktor atau jasa pemasang lantai tersebut. 

Ketika Anda bertanya kepada kontraktor dan mendapatkan informasi yang Anda inginkan atau butuhkan, kedua belah pihak akan berada pada satu pemahaman dan pada akhirnya Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Selain itu, proses instalasi flooring juga akan berjalan lebih lancar. 

1. Siapakah yang akan datang tiap hari?

Tergantung dari besar kecilnya kontraktor yang Anda sewa, jawaban pertanyaan ini akan berbeda-beda. Banyak jasa yang menggunakan sistem di mana suatu tim memiliki kepala yang bertanggung jawab akan kegiatan sehari-hari serta turun tangan mengerjakan proyek sewaktu-waktu. Oleh karena itu, tanyakan kepada kontraktor siapa saja yang akan datang dan mengawasi segala kegiatan staf yang ada dan siapa yang dapat dihubungi ketika terjadi sesuatu. 

Tanyakan juga mengenai seberapa banyak waktu yang akan digunakan oleh kontraktor tersebut setiap minggu dan berapa banyak pekerjaan yang akan diselesaikan dalam jangka waktu tersebut. Apakah kepala staf hanya akan supervisi proyek atau juga ikut mengerjakannya? Seberapa sering ia akan datang ke dalam proyek dan siapa yang akan bertanggung jawab ketika kepalanya tidak ada. Selgrid menyarankan setidaknya ada satu orang yang selalu bertanggung jawab setiap kali proyek berjalan. 

2. Bagaimana cara menghubungi mereka di luar jam kerja?

Sebagai pelanggan, Anda harus mengetahui cara menghubungi kontraktor (dan sebaliknya) sehingga kedua pihak dapat menghubungi satu sama lain ketika ada suatu hal tak terduga yang terjadi. Pastikan bahwa Anda sudah bertukar kontak sehingga komunikasi ketika keadaan sedang darurat sekalipun masih dapat berjalan dengan lancar. 

3. Bagian mana yang berpotensi menimbulkan masalah?

Umumnya, ada beberapa bagian dari bangunan atau area yang dapat menimbulkan masalah baru ketika dibongkar. Kontraktor Anda mungkin sudah tahu atau sebaliknya, tidak tahu sama sekali. Sehingga, membicarakan hal ini kepada tim tersebut, termasuk hal-hal buruk yang mungkin dapat terjadi, akan lebih memudahkan proses renovasi atau instalasi ke depannya. Bila Anda kurang memahami potensi-potensi ini, Selgrid menyarankan Anda untuk berkonsultasi dulu kepada pihak yang membangun area tersebut. 

4. Apakah kontraktor tersebut mengetahui letak-letak listrik, pipa, gas, dan air?

Kontraktor yang tidak berpengalaman dan tidak profesional biasanya mengabaikan hal-hal tersebut. Meski Anda menyewa jasa para ahli, sebaiknya tetap beritahu staf proyek di mana letak pipa dalam dinding dan sebagainya. Informasikan juga kepada tim kontraktor mengenai alat elektronik mana saja yang tidak bisa kehilangan aliran listrik. 

5. Apakah proyek ini akan mengganggu tetangga atau bangunan lain?

Bila Anda memiliki tetangga yang selalu membutuhkan ketenangan (misalnya tetangga yang baru saja melahirkan) atau bisnis lain di sekitar yang bersifat outdoor dan akan terkena debu bangunan, informasikan hal ini kepada staf kontraktor tersebut. 

Selgrid menyarankan Anda untuk memberi tahu staf kontraktor bahwa tetangga atau area lain di sekitar proyek ini mungkin dapat menghambat proses renovasi atau instalasi lantai, misalnya keluhan-keluhan atau hambatan lainnya. Bila perlu, beritahu tetangga Anda terlebih dahulu sebelum proyek dimulai sehingga mereka dapat lebih memahami dan memaklumi ketidaknyamanan yang akan terjadi. 

Jika Anda tidak tahu kontraktor mana yang harus Anda sewa untuk memasang lantai yang baru, Selgrid dapat membantu Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi produk-produk Selgrid serta tips lainnya.