6 Hal yang Membedakan WPC Decking Dengan Dek Kayu

Admin 01 Oktober 2018

Sebelum adanya komposit, decking menggunakan kayu asli. Tentunya kayu dan komposit memiliki perbedaan dan perbandingan. Sebagai perbandingan utama, WPC decking tidak akan mudah lapuk, mengembung, patah, atau memiliki sepihan dibandingkan dek kayu asli. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau upaya untuk memeliharanya. Lalu apa saja kelebihan lainnya?
 
 

- Anti selip

Bila Anda pernah memiliki dek sebelumnya, Anda pasti akan tahu betapa licinnya alas tersebut ketika sedang basah atau lembab. Akan tetapi, beberapa varian wpc decking memiliki permukaan yang tidak licin sehingga Anda tidak perlu khawatir berjalan di atasnya saat dek tersebut basah.
 
 

- Tahan lama

WPC decking akan awet dan tahan dalam jangka waktu yang lama oleh karena campuran bahan kayu dan plastiknya. Hal ini merupakan sebuah aset untuk hunian maupun proyek Anda karena dek komposit tidak memiliki cara menua yang sama dengan kayu asli.
 
Dek komposit akan tetap terlihat indah dan bagus seperti baru dengan cara perawatan/pemeliharaan yang sangat mudah dan sederhana. Rumah atau proyek anda juga akan tetap terlihat menawan dengan nilai jual yang lebih tinggi.
 
 

- Kokoh

Dek kayu memiliki jenis yang beragam dari segi ketebalan papan dan tipe kayu yang digunakan. Yang paling populer adalah softwood, jenis yang paling terjangkau namun tidak kokoh. Hardwood adalah pilihan yang kokoh, namun kayu asli yang rentan terhadap pelapukan sehingga kekuatannya akan semakin berkurang.
 
Selgrid memiliki WPC decking tipe solid atau hollow. Jenis papan yang hollow adalah tipe yang termasuk ringan oleh karena sifatnya yang berlubang. Sedangkan, dek solid adalah varian yang lebih kokoh dan tahan beban. Meski berbeda, kedua jenis dek ini tetap memberikan Anda papan yang tangguh dan terlihat menawan.
 
 

- Anti sinar UV

Dek komposit memiliki lapisan anti sinar UV akan menjaga warna papan WPC decking Anda tidak pudar dan memberi ketahanan dari jamur. Dek kayu selalu membutuhkan perawatan seperti pelapisan beberapa kali dalam setahun untuk menjaganya tetap terlihat baru.
 
Selain itu, kayu juga tidak memiliki lapisan anti UV, sehingga bila tidak Anda jaga dengan baik, semakin lama kayu tersebut akan semakin rusak oleh karena paparan sinar UV.
 
 

- Keamanan dan kenyamanan

Apabila Anda sering berjalan di atas dek tanpa alas kaki atau memiliki buah hati dan binatang peliharaan yang sering mondar-mandir, maka sifat kayu asli yang mudah menyerpih harus Anda pertimbangkan.
 
WPC decking tidak akan mengalami hal tersebut dan juga tidak akan memiliki ujung yang tajam oleh karena bahan campuran dan kompositnya. Dek kayu asli akan lebih mudah menyerpih jika Anda tidak rajin mengampelas dan memberi lapisan pernis dek kayu tersebut.
 
Sehingga, jika Anda berencana untuk memasang dek pada hunian, proyek outdoor atau proyek bangunan untuk anak-anak, sebaiknya Anda memikirkan resiko yang mungkin dapat terjadi dengan dek kayu asli dan mempertimbangkan WPC decking.
 
Bila Anda memiliki pertanyaan atau kesusahan, jangan ragu untuk menghubungi Selgrid sehingga kami bisa membantu Anda menyelesaikan proyek Anda dengan baik dan tuntas.